Bola Internasional

Musim Bergulir Kembali, Para Pemain Bundesliga Justru 'Diasingkan'

Rabu, 13 Mei 2020 16:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikiepdia
Logo Bundesliga. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikiepdia
Logo Bundesliga.

INDOSPORT.COM – Kompetisi tertinggi Liga Jerman, Bundesliga, menerapkan protokol yang ketat kepada para pemainnya sebelum melanjutkan musim 2019-2020 yang tertunda akibat pandemi virus corona.

Para pemain dari 38 klub di Bundesliga Jerman dan Bundesliga 2 sudah mulai mendatangi kamp pelatihan di klub masing-masing sejak akhir pekan lalu.

Namun, seperti dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, mereka diharuskan tinggal di kamp pelatihan selama  10 hari, artinya mereka harus mengasingkan diri dari keluarga dan kerabat.

Langkah ini jadi salah satu protokol keselamatan yang diterapkan Bunesliga demi mengurangi risiko keluarga pemain bisa terjangkit virus corona, apabila sang pemain harus pulang balik kamp pelatihan dan rumah.

Selama 10 hari, para pemain tinggal di hotel yang khusus digunakan untuk tempat tinggal para pemain dan staf klub Bundesliga. Mereka tinggal sendirian dalam satu kamar, berlatih dengan menjaga jarak sosial, memakai masker dan menghindari kontak dengan siapapun di hotel.

Sebelum mereka datang dan pergi dari hotel, kamar dan area makan telah dibersihkan dengan disinfektan dan dijaga dengan suhu tertentu.

Selain itu, pihak hotel membatasi stafnya, dengan klub wajib mengurangi jumlah staf pelatih. Para pemain hanya diijinkan keluar dari hotel sekali sehari untuk pergi latihan.

Aturan ini tampaknya memancing beragam reaksi dari para pemain Bundesliga. Beberapa dari  mereka menganggap aturan ini aneh, namun ada juga yang menerimanya dengan lapang dada.

“Ini sudah tugas para pemain karena kami harus terpisah dari keluarga kami selama 10 hari,” kata seorang pemain.

“Kami harus berkorban agar sepak bola bisa kembali, yang kita semua inginkan, terlepas dari alasan kesehatan,” ujar pemain yang lain.

Berbeda dengan Ligue 1 dan Eredivisie yang memutuskan untuk mengakhiri musim, Bundesliga akan kembali digelar pada 16 Mei mendatang setelah berhenti lebih dari dua bulan.

Bundesliga telah mencapai pekan ke-25 dengan sisa 11 pekan hingga musim 2019/20 usai. Bayern Munich sementara berada di posisi puncak dengan 55 poin. Borussia Dortmund berada di urutan kedua dengan 51 poin, disusul dengan RB Leipzig dan Borussia M`gladbach dengan selisih masing-masing satu poin.

Pertandingan terbesar pada pekan ke-26 akan berlangsung di Signal Iduna Park, di mana tuan rumah Dortmund akan menghadapi Schalke pada laga yang bertajuk Revierderby.