Bola Internasional

On This Day: Bintang Asia Gemparkan Bundesliga Lewat Sundulan

Rabu, 13 Mei 2020 15:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Mirror
Tiga tahun yang lalu, tepatnya tanggal 13 Mei, seorang bintang asal Jepang, Yoshinori Muto, menggemparkan sepak bola Bundesliga lewat gol sundulan. Copyright: © Mirror
Tiga tahun yang lalu, tepatnya tanggal 13 Mei, seorang bintang asal Jepang, Yoshinori Muto, menggemparkan sepak bola Bundesliga lewat gol sundulan.

INDOSPORT.COM – Tiga tahun yang lalu, tepatnya tanggal 13 Mei, seorang bintang asal Jeang, Yoshinori Muto, menggemparkan sepak bola Bundesliga usai mencetak gol lewat sundulan ke gawang Eintracht Frankfurt.

Bundesliga Jerman akan kembali digelar pada 16 Mei mendatang setelah berhenti lebih dari dua bulan akibat pandemi virus corona. Sejauh ini, Bundesliga telah mencapai pekan ke-25 dengan sisa 11 pekan hingga musim 2019-2020 usai.

Selang tiga hari sebelum turnamen dimulai, hari ini Rabu (13/05/20) menandai tiga tahun pemain asal Jepang, Yoshinori Muto, mencatatkan momen paling berkesan dalam sejarah Bundesliga.

Muto, yang kala itu tercatat sebagai pemain FSV Mainz 05, mencetak gol ke gawang Eintracht Frankfurt lewat sebuah sundulan kepala di menit ke-76’.

Terlihat pada video Foxsport Asia, Muto yang sudah siap berada di depan gawang menerima umpan lambung dari rekan setimnya. Tanpa berpikir panjang, kepalanya langsung menyundul bola sebelum akhirnya masuk ke sudut kanan gawang Frankfurt.

Gol keren Muto membuka peluang Mainz 05 lebih unggul dari tim tamu. Sepuluh menit sebelum Muto mencetak gol, Mainz 05 dan Frankfurt sama-sama imbang dengan masing-masing mencetak dua gol.

Sebelumnya, Frankfurt lebih dulu mengemas dua gol lewat Branimir Hgorta dan Haris Severofic. Mainz 05 kemudian menyamakan kedudukan lewat upaya Jhon Cordoba dan Stefan Bell.

Setelah Muto mencetak gol, Mainz 05 bermain lebih berani hingga akhirnya membukukan kemenangan lewat tendangan Pablo de Blasis di menit ke-93.

Hingga peluit akhir pertandingan berbunyi, Mainz 05 akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 atas Eintracht Frankurt.

Muto sendiri mengawali kariernya bersama klub Liga Jepang, FC Tokyo pada tahun 2013 selama tiga musim. Pada Mei 2015, dia menandatangani kontrak dengan Mainz 05 dengan kontrak selama empat tahun.

Pada 31 Oktober 2015, dia mencetak hattric untuk pertama kalinya dalam kaiernya dan juga jadi pemain Jepang kedua setelah Naohiro Takahara yang mencetak hattrick di Bundesliga kala Mainz 05 bermain imbang 3-3 melawan FC Augsburg.

Penyerang 27 tahun itu mencatatkan 72 penampilan dan mencetak 23 gol sebelum pindah ke klub Liga Inggris, Newcastle United pada Agustus 2018.