Liga Italia

Terungkap, De Rossi Nyaris Ditukar dengan Edgar Davids ke Juventus

Rabu, 13 Mei 2020 23:01 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Yohanes Ishak
© Octavio Passos/Getty Images
Daniele de Rossi dikenal sebagai legenda AS Roma. Namun, ia pernah nyaris dibarter dengan Edgar Davids ke Juventus kalau tidak dicegah Fabio Capello. Copyright: © Octavio Passos/Getty Images
Daniele de Rossi dikenal sebagai legenda AS Roma. Namun, ia pernah nyaris dibarter dengan Edgar Davids ke Juventus kalau tidak dicegah Fabio Capello.

INDOSPORT.COM – Daniele de Rossi dikenal sebagai legenda AS Roma. Namun, ia pernah nyaris dibarter dengan Edgar Davids ke Juventus kalau tidak dicegah Fabio Capello.

Sebagai penduduk asli kota Roma, Daniele de Rossi merupakan pangeran AS Roma yang menjadi penerus kapten legendaris Francesco Totti. Ia bahkan tercatat 18 tahun membela tim asal ibu kota Italia itu, dari 2001 hingga 2019.

Namun, kisah kesetiaan de Rossi bersama Roma bisa berbeda seandainya bukan karena eks pelatih Roma, Fabio Capello. Dilansir Football Italia, Capello mengaku ia adalah sosok yang mencegah kepindahan sang gelandang ke Juventus.

Kisah itu terjadi pada bursa transfer musim panas tahun 2003. Capello yang ketika itu melatih Roma hendak memperkuat lini tengahnya. Salah satu nama yang menjadi incarannya adalah gelandang Juventus yang bertenaga kuda, Edgar Davids.

Juventus pun merestui minat Roma terhadap gelandang asal Belanda itu, namun sebagai gantinya mereka meminta Roma membarter Davids dengan Danielle de Rossi. Opsi itu pun  langsung ditolak oleh Capello.

“Saya ingin memboyong Davids ke Roma, lalu Juventus meminta saya memasukkan de Rossi sebagai bagian dari kesepakatan. Saya langsung menolak,” ungkap Capello.

“Setelah menjadi pemain yang memberi de Rossi debut, saya memperingatkan semua orang bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan Roma. Dia sudah membuktikan karakternya sebagai pemimpin sungguhan sejak awal kariernya.”

Capello, yang memimpin Roma pada periode 1999-2004 memang tercatat memberikan debut kepada de Rossi untuk membela Roma pada Oktober 2001 melawan Anderlech di Liga Champions. Sementara itu, debut de Rossi untuk Roma di Serie A terjadi pada Januari 2003 melawan Como, juga di bawah asuhan Capello.

Cappelo kemudian meninggalkan Roma untuk bergabung dengan Juventus, sebelum kemudian melanjutkan karier bersama Real Madrid, timnas Inggris, dan terakhir bersama Jiangsu Suning,

Sementara itu de Rossi tercatat membela Roma selama 18 tahun sebelum hengkang ke Boca Juniors pada Juli 2019. Meski tak pernah meraih scudetto bersama Roma, de Rossi menjadi bagian skuat timnas Italia yang menjadi juara pada Piala Dunia 2006.