Liga Indonesia

Arema di Piala Indonesia 2012: Dihentikan Tim Juara Kejutan

Jumat, 15 Mei 2020 15:47 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema Indonesia gagal melanjutkan sejarah besarnya di pentas Piala Indonesia 2012, setelah lajunya dihentikan oleh Persibo Bojonegoro Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Arema Indonesia gagal melanjutkan sejarah besarnya di pentas Piala Indonesia 2012, setelah lajunya dihentikan oleh Persibo Bojonegoro

INDOSPORT.COM - Arema Indonesia gagal melanjutkan sejarah besarnya di pentas Piala Indonesia 2012, setelah lajunya dihentikan oleh Persibo Bojonegoro setelah tampil heroik sepanjang dua babak awal.

Yang paling mengejutkan, justru Persibo lah yang menjadi tim terbaik pada turnamen pengiring kompetisi resmi itu. Tim Laskar Angling Dharma menundukkan Arema melalui kemenangan dengan agregat tipis 1-0 dalam sepasang duel di babak 8 besar.

Sebagai tim kontestan kompetisi Indonesian Premier League (IPL), Arema mendapat status bye pada babak pertama alias 64 besar. Berikut sekilas perjalanan Chmelo Roman dkk pada turnamen edisi ke-6 tersebut.

Skuat Arema Indonesia IPL

Pelatih: Dejan Antonic

Kiper:

Dede Sulaiman, Dennis Romanovs (Latvia), Aji Saka, Agung Hermawan

Belakang:

Fariz Bagus Shibata, Irfan Raditya, Herman, Anggo Julian Hari Sapta, Herman Romansyah, Muhammad Chaerul Rifan, Heri Prasetyo, Putra Habibi, Tommy Zaelani

Tengah:

Legimin Raharjo, Chmelo Roman (Slovakia), Sadam Hi Tenang, Marko Krasic (Serbia), Abrasit Taouluhu, Fani Jatmiko, Sahroji, Yoga Eka Hera

Depan:

Andrew Barisic (Australia), Taouluhu Abdul Musafri, Ahmad Amirudin, Jaya Teguh Angga, Putut Waringin Jati, Amadeus Suropati, Purwanto Suwondo.

1. Arema vs Persipro Probolinggo 6-0

Menghadapi tim dari kasta kedua, jelas memudahkan langkah tim Singo Edan. Arema sukses melewati hadangan Persipro dengan agregat gol secara telak dengan skor 6-0.

Arema unggul 3-0 lebih dulu pada leg pertama di Stadion Bayu Angga Probolinggo (12/04/12). Tiga gol Putut Waringin Jati pada menit 16, Taouluhu Abdul Musafri (25) dan Ahmad Amirudin (55) memastikan kemenangan Arema.

Namun, Persipro justru memilih Walk Out pada leg kedua di Stadion Gajayana (18/04/12), sehingga Arema mendapat kemenangan cuma-cuma dengan skor 3-0 dalam leg kedua.

2. Arema vs PSM Makassar 2-2

Tim asuhan Dejan Antonic mendapatkan lawan tangguh pada babak 16 besar. Arema harus kembali bertemu dengan sesama tim pesaing di jalur juara IPL, PSM Makassar dalam sepasang laga.

Dua gol Ilija Spasojevic menit 10 dan 23 hanya dibalas Putut Waringin Jati pada menit 87 pada leg pertama di Stadion Mattoangin Makassar (15/05/12). Namun, tabungan satu gol eks striker PSDS Deli Serdang itu lah yang kemudian menentukan nasib Arema.

Arema kemudian membalas kekalahan melalui skor 1-0 dengan gol tunggal Jaya Teguh Angga menit 54 di Stadion Gajayana Malang (30/05/12). Meski agregat sama kuat 2-2, Arema lolos berkat keunggulan gol away.

3. Arema vs Persibo Bojonegoro 0-1

Sejatinya, Arema sudah membayangkan mampu untuk setidaknya lolos ke babak final turnamen, lantaran hanya bertemu Persibo. Tim yang sedang kembang kempis di kompetisi, akibat krisis finansial yang mendera mereka.

Namun justru, motivasi kuat lebih dimiliki tim Laskar Angling darma. Hal itu dibuktikan setelah Samsul Arif dkk mampu menahan imbang Arema pada leg pertama babak 8 besar di Stadion Gajayana Malang (06/06/12).

Sedangkan pada leg kedua di Stadion Letjen H. Soedirman Bojonegoro (13/06/12), Persibo menutupnya dengan kemenangan. Gol tunggal Wahyu Teguh menit 42 sudah cukup membawa Persibo ke babak semifinal setelah unggul agregat gol 1-0.