Bola Internasional

5 Pemain Berkualitas Dortmund yang Dibeli dengan Harga Murah

Sabtu, 16 Mei 2020 09:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© DeFodi Images/GettyImages
Berikut lima pemain berkualitas klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, yang dibeli dengan harga murah. Copyright: © DeFodi Images/GettyImages
Berikut lima pemain berkualitas klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, yang dibeli dengan harga murah.

INDOSPORT.COM - Siapa sangka bahwa klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, pernah membeli pemain dengan harga murah namun memiliki talenta yang berkualitas seperti pemain mahal.

Westfalenstadion memang telah menjadi sarang aktivitas transfer yang bagus dalam beberapa tahun terakhir. Die Borussen dapat mendatangkan beberapa bintang sepak bola dunia dengan harga yang murah.

Jendela transfer Januari merupakan saksi Die Borussen mendatangkan salah satu anak muda yang paling diincar yaitu Erling Haaland. Mereka memperolehnya dengan biaya yang cukup murah.

Akan tetapi, ini bukan pertama kalinya bagi direktur olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc, menggunakan sentuhan emasnya dalam merekrut pemain.

Pada faktanya, Borussia Dortmund pernah mendatangkan beberapa talenta yang paling menjanjikan dan bintang-bintang kelas dunia saat ini dengan harga yang bahkan lebih rendah dari nilai Erling Haaland.

Nah, berikut lima pemain berkualitas Dortmund yag dibeli dengan harga murah:

Pierre-Emerick Aubameyang

Ditandatangani dari Saint-Etienne pada 2013 sebagai pemain sayap yang mencetak gol, Aubameyang sekarang dianggap sebagai salah satu striker sepak bola dunia yang paling dahsyat dan produktif.

Menandatangani transfer dengan hanya 11 juta poundsterling atau sekitar Rp200 miliar, Aubameyang dapat menorehkan 141 gol hanya dalam lima musim di Dortmund dan ini menjadikannya sebagai pendatang baru di bursa transfer dekade ini.

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi rekrutan Arsenal setelah didatangkan dari Dortmund dengan biaya 56 juta pounds pada tahun 2018. Ia adalah pemain tercepat untuk mencapai 75 gol Bundesliga untuk Die Borussen, mencapai tonggak sejarah hanya dalam 117 pertandingan.

Marco Reus

Didatangkan dari Borussia Monchengladbach pada 2013 dengan biaya 15 juta poundsterling atau sekitar 272 miliar rupiah, Reus telah membuktikan dirinya sebagai salah satu striker Eropa yang paling mengancam dan mematikan di Borussia Dortmund. 

Pemain berusia 30 tahun itu memiliki nasib buruk dengan masalah cedera dalam beberapa tahun terakhir, tetapi ia tampaknya kembali ke performa terbaiknya dan sekarang ia mengenakan ban kapten untuk Die Borussen.

Robert Lewandowski

Pemain berusia 31 tahun ini adalah mesin pencetak gol dan akan turun sebagai striker dekade ini. Dilaporkan ia ditransfer dari Lech Poznan hanya dengan harga 4 juta poundsterling atau sekitar Rp72 miliar.

Dia telah memutuskan mengabdikan permainannya bersama Bayern Munich sekarang, tetapi pada saat bersama Borussia Dortmund, dunia mulai memperhatikan penyerang jitu yang mengancam ini.

Sebagai pemenang empat kali penghargaan top skor Bundesliga, Dortmund pantas mendapatkan pujian besar karena telah merekrut Robert Lewandowski dan menyediakan platform untuknya berkembang. 

Tampaknya Lewandowski berusaha membalas budi kepada Dortmund dengan mendesak Erling Braut Haaland untuk tetap berada di Bundesliga di tengah isu kepindahannya ke Real Madrid atau Manchester United.

Shinji Kagawa

Memang rekruter Dortmund telah melebarkan jala mereka lebih luas dari sekadar Eropa. Klub menuai buah kerja bagus mereka di pasar pemain dengan memdatangkan bakat tak dikenal, Shinji Kagawa, pada 2010. Ia didatangkan dari Cerezo Osaka dengan biaya murah yaitu 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp5,4 miliar.

Gelandang serang itu menyebabkan kegemparan di Jepang ketika Dortmund ingin merekrutnya dan Kagawa benar-benar berkembang menjadi talenta terkemuka, menjadi pencetak gol asal jepang terbanyak di Bundesliga Jerman.

Penampilan Kagawa di bawah asuhan Jurgen Klopp memikat Sir Alex Ferguson untuk membawanya ke Manchester United pada 2012.

Jadon Sancho

Pencarian Borussia Dortmund terhadap talenta muda tak pernah padam. Sancho didatangkan dari Manchester City dengan harga 10 juta poundsterling atau sekitar Rp181 miliar.

Sekarang Sancho menjadi salah satu pemain yang paling banyak diincar di Eropa dan memungkinkan untuk menaruh biaya 100 juta poundsterling sekitar Rp1,8 triliun jika klub ingin menjual.

Setelah memecahkan beberapa rekor di Dortmund, pada Februari 2020, Jadon Sancho menulis namanya ke buku sejarah Bundesliga dengan menjadi pemain pertama yang mencetak 25 gol di liga sebelum ulang tahunnya yang ke-20.