Bola Internasional

Ada Laga Dortmund vs Schalke, Ini 3 Fakta Kembalinya Bundesliga Jerman

Sabtu, 16 Mei 2020 15:40 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Sejumlah fakta menarik menghiasi kembalinya Bundesliga Jerman, termasuk laga panas Borussia Dortmund vs Schalke 04. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Sejumlah fakta menarik menghiasi kembalinya Bundesliga Jerman, termasuk laga panas Borussia Dortmund vs Schalke 04.

INDOSPORT. COM - Sejumlah fakta menarik menghiasi kembalinya Bundesliga Jerman, termasuk laga panas Borussia Dortmund vs Schalke 04.

Kerinduan masyarakat dunia terhadap sepak bola akibat pandemi virus corna, akhirnya bisa terobati jua. Tepat pada Sabtu (16/05/20) ini, kompetisi sepak bola Jerman dipastikan akan kembali bergulir.

Pemerintah Jerman telah memberikan izin untuk dua kasta teratas liga melanjutkan sisa musim 2019/20. Semua pertandingan hanya boleh digelar tanpa penonton, serta wajib menaati prosedur-prosedur kesehatan lainnya.

Khusus kasta Bundesliga Jerman, pertandingan baru dimainkan mulai pukul 20.30 WIB. Jadi, buat kalian yang begitu haus akan hiburan sepak bola, Bundesliga Jerman jelas wajib kalian saksikan.

Sebelum melangkah jauh ke jalannya pertandingan nanti malam, tak ada salahnya bila kita lebih dulu mengulas fakta-fakta menarik dari kembali bergulirnya Bundesliga Jerman. Mari simak ulasannya berikut ini.


Perburuan Gelar Juara

Kembali bergulirnya Bundesliga Jerman, jelas bakal melanjutkan sengitnya perburuan gelar juara. Setidaknya ada tiga tim teratas yang kini sedang bersaing, yakni Bayern Munchen, Borussia Dortmund, serta RB Leipzig.

Munchen sementara ini menjadi pemuncak dengan koleksi 55 poin, unggul empat angka dari peringkat dua, Dortmund. Sedangkan Leipzig yang mengoleksi 50 poin, duduk di peringkat ketiga.

Segala kemungkinan masih bisa terjadi, mengingat Bundesliga Jerman menyisakan sembilan laga lagi. Patut dinanti, siapakah tim yang nanti tertawa bahagia di akhir musim mengangkat trofi juara, Munchen, Dortmund, atau Leipzig?

Zona Liga Champions

Persaingan menarik dari kembali bergulirnya Bundesliga Jerman, bukan hanya soal perburuan gelar juara saja. Perebutan posisi empat besar alias zona Liga Champions, juga tampak menjanjikan rivalitas sengit.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, tiga posisi teratas, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig, mungkin bakal lebih fokus bersaing memburu gelar juara. Namun mereka tak boleh lupa dengan tim-tim di bawahnya yang berpotensi menghadirkan ancaman.

Borussia Mönchengladbach yang duduk di posisi keempat, sudah mengoleksi 49 poin, atau cuma berjarak satu angka dari Leipzig yang menempati urutan tiga. Belum lagi Bayer Leverkusen yang turut menebar ancaman dari posisi lima dengan koleksi 47 poin.

Artinya, ada lima tim yang bakal bersaing ketat memperebutkan tiket menuju zona Liga Champions musim depan. Terutama untuk Dortmund, Leipzig, Monchengladbach, dan Leverkusen, jarak poin di antara keempatnya terbilang tipis-tipis, sehingga segala kemungkinan masih dapat terjadi.


Revierderby

Kembali bergulirnya Bundesliga Jerman, langsung disambut dengan laga panas Revierderby. Dua klub asal distrik Ruhr, Borussia Dortmund dan Schalke 04, bakal saling sikut nanti malam.

Derby Dortmund vs Schalke bakal dimainkan mulai pukul 20.30 WIB. Kali ini, Dortmund yang akan bertindak sebagai tuan rumah, menjamu Schalke di Signal Iduna Park.

Dortmund punya misi penting memenangkan laga melawan Schalke. Maklum, Dortmund yang menduduki peringkat dua, sedang bersaing ketat dalam perburuan gelar juara.

Sementara SChalke yang kini menempati urutan enam, jelas juga menginginkan hasil maksimal. Apalagi Schalke masih berpeluang mendapatkan tiket menuju Liga Europa jika mengakhiri musim di posisi enam besar teratas, sehingga laga melawan Dortmund wajib dimenangkan.

Secara rekor pertandingan, lima pertemuan terakhir kedua tim tampak berpihak kepada Schalke. Kiprah Schalke sudah dua kali meraih kemenangan, sedangkan Dortmund baru bisa sekali menang.

Kira-kira, siapa yang akan menjadi pemenang dalam Revierderby tersebut? Jawabannya saksikan langsung di lanjutan Bundesliga Jerman nanti malam.