Liga Indonesia

Harapkan Kompetisi Lanjut, Persiraja: Harus Ada Penonton

Sabtu, 16 Mei 2020 11:12 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Persiraja
Persiraja Banda Aceh berfoto jelang melawan Persik Kediri Copyright: © Media Persiraja
Persiraja Banda Aceh berfoto jelang melawan Persik Kediri

INDOSPORT.COM - Klub promosi Liga 1 2020, Persiraja Banda Aceh, menginginkan kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut musim ini dapat kembali bergulir, meski digelar dua atau tiga bulan ke depan.

Sebab sebagaimana diketahui seluruh kompetisi musim ini dihentikan sementara oleh PSSI sejak Maret lalu sampai 29 Mei mendatang. Hal ini tak lepas karena pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia saat ini.

Harapan Persiraja Liga 1 musim ini dapat bergulir lagi karena liga-liga di Eropa bakal berjalan lagi dalam waktu dekat untuk menghabiskan kompetisi musim 2019-2020.

"Kami tegaskan lagi bahwa kami ingin liga musim ini lanjut lagi. Tapi opsi tanpa penonton seperti liga-liga di Eropa tentu kami tidak setuju," kata Sekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, Jumat (15/4/20).

"Liga-liga Eropa kan sudah mau di penghujung musim, jadi wajar itu bagi mereka. Tapi di Indonesia kan baru bergulir beberapa pekan, jadi opsi tanpa penonton kurang tepat bagi kita," lanjutnya.

Opsi tanpa penonton, kata Rahmat, tidak tepat karena pemasukan mayoritas klub-klub di Indonesia dari kehadiran penonton langsung ke stadion. Sehingga opsi tersebut dinilai kurang tepat.

"Kalau itu diterapkan klub-klub bisa mati dan bangkrut. Karena dari pemasukan kebanyakan dari tiket penonton," sebutnya.

Maka dari itu, lanjut Rahmat, pihaknya kembali menyarankan bila kondisi pandemi Covid-19 di negeri ini sudah benar-benar pulih sekitar Juni atau Juli, liga dapat digulir lagi di Agustus atau September nanti.

"Asalkan nantinya tidak menggangu agenda FIFA match dan laga internasional lainnya. Jika itu diterapkan, Maret atau April (2021) selesainya masih wajar. Dan saran ini akan kami usulkan di RUPS luar biasa nanti," pungkasnya.