Bola Internasional

On This Day: David Beckham Pamit dari Dunia Sepak Bola

Sabtu, 16 Mei 2020 18:46 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Aitor Alcalde/Getty Images
Tanggal 16 Mei selalu dikenang pesepak bola legendaris, David Beckham karena pada tanggal itulah eks bintang MU, AC Milan, dan PSG ini gantung sepatu. Copyright: © Aitor Alcalde/Getty Images
Tanggal 16 Mei selalu dikenang pesepak bola legendaris, David Beckham karena pada tanggal itulah eks bintang MU, AC Milan, dan PSG ini gantung sepatu.

INDOSPORT.COM – Tanggal 16 Mei selalu dikenang pesepak bola legendaris, David Beckham karena pada tanggal itulah eks bintang Manchester United ini pensiun dari lapangan hijau.

Salah satu pesepak bola paling poluler di dunia, David Robert Joseph Beckham, mengawali kariernya bersama Manchester United. Sebagai bagian dari angkatan Class of ’92, Beckham berhasil membawa United meraih berbagai gelar, termasuk treble winners pada musim 1998/1999.

Bersama klubnya sejak kecil itu, secara total Beckham mengoleksi 6 gelar Liga Inggris dan 1 trofi Liga Champions serta sejumlah gelar domestik. Namun, meski sudah membela Setan Merah sejak remaja, Beckham tidak selamanya bertahan bersama klub Liga Inggris itu.

Akibat perselisihan dengan Sir Alex Ferguson, Beckham pun meninggalkan MU untuk bergabung dengan Real Madrid. Ia kemudian melanglang buana ke Italia dan Amerika Serikat bersama AC Milan dan LA Galaxy sebelum bergabung dengan penguasa Ligue 1 Prancis, Paris St Germain.

Bersama klub asal ibu kota Prancis itulah Beckham akhirnya mengakhiri karier panjangnya sebagai pesepak bola, tepatnya pada tanggal 16 Mei 2013 lalu. Beckham yang ketika itu telah berusia 38 tahun memutuskan gantung sepatu setelah membantu PSG menyegel gelar juara Ligue 1.

“Ini adalah impian setiap atlet, impian setia pesepak bola untuk pensiun saat berada di performa terbaik atau memenangi trofi. Ini peristiwa yang jarang terjadi,” kata Beckham seperti dilansir BT.com.

“Saya sangat beruntung. Ketika saya meninggalkan Manchester United, kami memenangi liga. Ketika meninggalkan Real Madrid, kami memenangi liga. Saya meninggalkan Galaxy setelah memenangi kejuaraan, dan kemudian datang ke sini dan menjadi juara. Menyenangkan bisa pensiun dalam kondisi seperti ini.”

“Pada akhirnya, saya adalah seorang pesepak bola yang pernah bermain untuk beberapa tim terbaik di dunia, bersama sejumlah pesepak bola terbaik di dunia, di bawah asuhan para manajer terbesar dan terbaik, dan meraih nyaris berbagai hal di olahraga ini,” tutupnya.

Di level timnas, Beckham tercatat sebagai pemain non kiper dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Inggris dengan 115 kali. Meski demikian, ia gagal memberikan satu gelar pun untuk The Three Lions.