Liga Inggris

5 Bek yang Paling Rajin Beri Assist di Era Premier League

Senin, 18 Mei 2020 18:48 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Simon Stacpoole/Mark Leech Sports Photography/Getty Images
5 Bek yang Paling Rajin Beri Assist di Era Premier League Copyright: © Simon Stacpoole/Mark Leech Sports Photography/Getty Images
5 Bek yang Paling Rajin Beri Assist di Era Premier League

INDOSPORT.COM - Terdapat lima pemain belakang yang mampu menyumbangkan assist terbanyak sepanjang sejarah Premiere League Liga Inggris.

Sepak bola menjadi semakin universal, mengartikan bahwa stereotipe lama mungkin bisa saja tidak berlaku lagi. Hal yang relevan adalah bagaimana para pemain lini belakang/bek sekarang juga menjadi ancaman yang dapat mendobrak musuh.

Tidak lagi hanya bertahan tetapi juga mempunyai kontribusi yang besar dalam membantu serangan. Meski bukan bertugas menyetak gol tetapi beberapa pemain bek ini sukses memberikan banyak assist pada timnya.

Berikut adalah bek yang rajin menyumbangkan assist di era Premier League :

1. Gary Neville

Neville merupakan lulusan "Class 92" pada jajaran pemain Man United bersama Paul Scholes, Ryan Giggs, David Bechkam dan Nicky But.

Dianggap terlalu pendek untuk bermain sebagai bek tengah, Neville membuktikan kembali kemampuan yang dimilikinya sebagai bek sayap.

Selama 400 penampilannya di Premiere League, ia mencatatkan dirinya sebagai bek terbaik di generasinya yang dimiliki Manchester United dengan menorehkan 35 assist. Neville menjadi tandem legendaris di sayap kanan bersama David Beckham.

2. Ian Harte

Ian Harte lebih dikenal karena tembakan jitunya selama di Elland Road, terutama saat situasi bola mati. Sebagai bek yang handal, pemain asal Irlandia ini berhasail mengemas 36 assist dalam 237 permainannya di Premiere League.

3. Andy Hinchcliffe

Seorang pemain jitu dalam bola mati, Andy Hinchcliffe merupakan pemain jebolan dari Manchester City. Ia bergabung dengan Everton beberapa musim sebelum pembentukan Liga Premier. 

Le Saux berhasil menorehkan 36 assist dalam 219 permainannya di Premier League. Transfer Le Saux untuk bermain di Goodison Park terjadi pada tahun 1990-an dan ia mengakhiri masa kariernya di Sheffield Wednesday.

4.Graeme Le Saux

Graeme Le Saux adalah pemain dari tim Blackburn yang memenangkan Liga Premier di bawah asuhan Manajer Kenny Dalglish.

Le Saux merupakan pemain kedua yang berhasil menyumbangkan banyak assist di Premier League. Selama kurang lebih327 permainanya di Premiere League, telah menorehkan 44 assist sebagai pemain bek.

5. Leighton Baines

Selama musim 2010/11 Leighton Baines merupakan bek yang paling banyak menorehkan assist dalam satu musim Liga Premier, yaitu dengan 11 assist. Rekor ini menyamai torehan mantan pemain belakang, Toffee Hinchcliffe (1994/95).

Namun rekor ini dapat memungkinkan dilewati Alexander-Arnold yang juga telah mengumpulkan 10 assist dalam permainannya. Sekarang di karirnya yang sudah tidak muda lagi ia masih tetap bermain untuk Everton.