Bola Internasional

Danny Blum, Winger Mualaf Menanti Debut Manis di Bundesliga Usai Corona

Senin, 18 Mei 2020 22:53 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Winger mualaf Danny Blum tengah menanti debut manis di Eropa, Bundesliga 2 Jerman usai digulirkan lagi pasca virus corona (COVID-19) mereda.

Saat ini kompetisi sepak bola Jerman kembali digulirkan lagi baik dari yang teratas hingga paling bawah per Sabtu (16/05/20) malam waktu setempat.

Bundesliga dibuka dengan laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 dan pertandingan tersebut berakhir skor 4-0 untuk tim tuan rumah, dimana Erling Haaland mengemas dua gol.

Lalu ajang Liga 2 Jerman juga telah dimainkan pada waktu yang sama. Beberapa klub telah menghasilkan kemenangan hingga mendulang banyak gol.

Tak hanya itu kompetisi sepak bola Jerman juga menerapkan protokol keselamatan tinggi bagi setiap pelaku yang berkepentingan di pertandingan itu.

Mulai dari tak ada penonton, tak ada jabat tangan sebelum kick-off, menjaga jarak ketika selebrasi gol, dilarang meludah, dan lain semacamnya.

Terlepas dari hal tersebut ada sebuah momen paling ditunggu oleh salah satu pemain muslim yang berlaga di Bundesliga 2 Jerman Danny Blum.

Dimana Blum tengah menanti debut yang berujung manis pasca kompetisi sepak bola Jerman kembali dimainkan di tengah wabah virus corona ini.

Merujuk data yang disajikan laman penyedia statistik pemain, Transfermarkt, Blum tidak diturunkan oleh VfL Bochum kala melawan 1. FC Heidenheim.

Bahkan namanya tak tertera dalam daftar susunan pemain pada pertandingan tersebut. Blum melewatkan momen dimana VfL Bochum meraih kemenangan telak 3-0.

© Twitter/@FtblPhotos/Quality Sport Images
Pemain asal Jerman Danny Blum yang ternyata seorang muslim. Copyright: Twitter/@FtblPhotos/Quality Sport ImagesPemain asal Jerman Danny Blum yang ternyata seorang muslim.

Blum diketahui membela VfL Bochum sejak awal musim 2019-20 dan dikontrak selama dua musim ke depan. Tak menutup kemungkinan kontrak Blum diperpanjang.

Padahal Blum sudah membuat sembilan gol, 11 assists, dan tiga kartu kuning dari 25 penampilan di Bundesliga 2 Jerman bersama VfL Bochum.

Jumlah gol atau assist Blum semestinya bisa bertambah andai dirinya diturunkan pada laga perdana Bundesliga 2 Jerman pasca terhenti akibat virus corona.

Enam kemenangan, sembilan kekalahan, dan 10 kali imbang adalah catatan ketika Blum dipercaya turun VfL Bochum sebagai starter ataupun bangku cadangan.

Laga selanjutnya, VfL Bochum akan melawat ke markas Karlsruher dalam lanjutan pekan ke-27 Bundesliga 2 Jerman, Jumat (22/05/20) waktu setempat.

Di sisi lain, Danny Blum menjadi salah satu pemain sepak bola Eropa yang mantap memeluk agama Islam atau menjadi seorang mualaf.

Hal itu terjadi pada 2015 silam, dimana Blum merasa yakin kalau Islam telah memberinya harapan dan kekuatan baru dalam kehidupan.

"Saat berdoa (kepada Allah SWT), saya selalu mendapatkan ketenangan jiwa," kata Blum dilansir dari laman media olahraga The News Tribe.

Terlebih Blum sebelumnya merupakan orang yang gampang sekali tersulut emosi dan mudah marah hingga hilang arah. Namun Allah SWT menuntun dirinya.

Bahkan ketika pertama kali berkunjung ke sebuah masjid, Blum merasakan ada sesuatu yang meningkatkan semangat hidupnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tak kala ketika menyampaikan keinginan menjadi mualaf, orang tua Blum pun tetap mendukung penuh apapun keputusan sang anak dan tidak menghalangi.

"Mereka adalah orang Kristen yang taat. Tapi ketika saya mengaku telah mualaf, mereka malah mendukung saya," papar Blum.

Sekadar informasi, sebelum gabung VfL Bochum, Blum sempat membela Frankfurt, Las Palmas, Nuremberg, Sandhausen, Karlsruher, Mannheim, Schalke 04, hingga Kaiserslautern.