Liga Indonesia

Nasihat Johan Cruyff yang Ubah Jalan Hidup Robert Rene Alberts

Senin, 18 Mei 2020 10:02 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menuturkan sosok legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, mengubah jalan hidupnya sebagai pemain dan pelatih. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menuturkan sosok legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, mengubah jalan hidupnya sebagai pemain dan pelatih.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menuturkan sosok legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff, mengubah jalan hidupnya sebagai pemain dan pelatih. 

Robert Alberts, dalam channel YouTube pribadinya, Minggu (17/05/20), mengatakan saat usianya masih 14 tahun sempat bertemu dan berbincang-bincang dengan Cruyff yang saat itu sudah menjadi pemain bintang dan bermain di Ajax. 

"Satu hari di mana hari itu mengubah hidup saya sebagai pemain muda, saat itu saya 14 tahun. Saat itu juga saya bermain di klub juniornya Ajax. Ada seorang pemain terkenal sedang tiduran di sebelah saya saat saya sedang cedera, Johan Cruyff," kata Robert Alberts. 

"Dan ternyata kita memiliki cedera yang sama, cedera pangkal paha. Kita mendapatkan suntikan dari dokter Ajax," ucapnya menambahkan. 

Pada pertemuannya tersebut, Robert Alberts sempat berbincang-bincang dengannya. Meski Cruyff merupakan pemain bintang, namun sangat akrab berbicara dengannya seperti rekan satu tim. 

"Dia mulai mengajak ngobrol, Dia bertanya 'Hei siapa namamu?' Saya bilang 'Nama saya Roberts, Roberts Alberts'. Dia bilang 'Okay Robbie, kamu harus jadi pemain yang lebih jenius'. Dia bilang 'Kamu kenapa?'. Saya bilang 'Saya cedera pangkal paha'. Dia bilang 'Oh saya juga'  selain itu kita mulai ngobrol," kenangnya. 

"Dia ngobrol dengan saya seperti dengan teman sendiri, seperti seakan-akan main bola bareng. Tapi dia pemain terkenal, tidak hanya di Ajax bahkan se Belanda kenal siapa dia," ungkapnya. 

Selain itu, dalam orbrolannya tersebut, ada salah satu pesan yang disampaikan mantan pemain Ajax dan Barcelona tersebut yang mengubah jalan hidupnya di sepak bola. Bahkan, pesan tersebut masih diterapkan olehnya hingga saat ini. 

"Sambil menunggu dokter datang dia bertanya 'Robert kenapa kamu latihan hari ini'. Dan saya bilang 'Tentu saja, saya mau jadi pemain terbaik'. Dia bilang 'Jangan,itu salah'. Lalu saya bilang 'Salah? Kenapa salah?'. Lalu saya bilang 'Lalu apa jawaban yang benar'. Dan dia bilang 'Kamu latihan untuk pertandingan selanjutnya'," ungkapnya. 

"Kamu latihan hanya untuk itu, kamu latihan untuk menjadi lebih baik saat match. Dan secara otomatis kamu akan menjadi pemain lebih baik," ucap Robert mengingat pesan Cruyff. 

Nasihat dari idolanya tersebut, masih terus diingat oleh mantan pelatih PSM Makassar ini. Hingga saat ini, pesan itu sering disampaikan olehnya kepada pemain dan tim yang dilatihnya, serta menjadi pedomannya dalam melatih. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%