Liga Indonesia

3 Eks Marquee Player Liga 1 yang Segera Berstatus Free Transfer, Main di Indonesia Lagi?

Selasa, 19 Mei 2020 22:06 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Persib Bandung
Sejumlah eks Marquee Player Liga 1 dalam waktu dekat akan berstatus free transfer. Akankah mereka main di Indonesia lagi? Copyright: © Persib Bandung
Sejumlah eks Marquee Player Liga 1 dalam waktu dekat akan berstatus free transfer. Akankah mereka main di Indonesia lagi?

INDOSPORT. COM - Sejumlah eks Marquee Player Liga 1 dalam waktu dekat akan berstatus free transfer. Akankah mereka main di Indonesia lagi?

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, pernah dihiasi oleh bintang-bintang jebolan tim top Eropa. Khususnya pada edisi Liga 1 2017, yang mana ada sistem penggunaan Marquee Player.

Paling tenar mungkin Michael Essien, legenda Chelsea ini sepanjang Liga 1 2017 bermain untuk Persib Bandung. Essien kala itu terus menjadi pusat perhatian, tapi akhirnya harus berpisah jua usai pentas Liga 1 2017 rampung.

Kalau melihat kondisi terkini, ternyata ada beberapa eks Marquee Player Liga 1 yang bakal segera berstatus free transfer. Kontrak mereka dengan klubnya masing-masing akan segera habis, dan mungkin bisa kembali main di Indonesia lagi.

Lalu, siapa saja para eks Marquee Player yang dimaksudkan itu? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Jose Coelho

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jose Coelho, marquee player Persela Lamongan. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTJose Coelho, marquee player Persela Lamongan.

Jose Coelho merupakan eks Marquee Player Liga 1 2017 milik Persela Lamongan. Sepanjang Liga 1 2017, Coelho tampil 32 kali untuk Persela Lamongan, dengan torehan lima gol dan empat assists.

Status Marquee Player melekat kepada Coelho, karena dirinya pernah membela klub top Portugal, Benfica. Bahkan Coelho sempat menimba ilmu bersama akademi dua tim top Eropa lainnya, Inter Milan dan FC Porto.

Kabar terkini, Coelho sedang bermain untuk klub kasta bawah Portugal, Aliados FC Lordelo. Namun menurut Transfermarkt, kontrak Coelho bersama Aliados akan habis pada 30 Juni 2020 mendatang.

Andai tak mendapat perpanjangan, Coelho otomatis bakal menjadi pemain free transfer. Patut disimak, setelah dilepas Aliados nanti, akankah Coelho akan kembali main di Indonesia lagi?

Tijani Belaid

© Twitter/@PusamaniaBorneo
Gelandang Tijani Belaid berduel dengan Rizki Pellu dalam partai Borneo FC vs PSM Makassar di Liga 1, Jumat (19/10/18). Copyright: Twitter/@PusamaniaBorneoGelandang Tijani Belaid berduel dengan Rizki Pellu dalam partai Borneo FC vs PSM Makassar di Liga 1, Jumat (19/10/18).

Tijani Belaid merupakan Marquee Player Liga 1 2017 milik Sriwijaya FC. Kiprah Tijani Belaid bersama Sriwijaya FC sepanjang Liga 1 2017 menghasilkan lima gol dan 12 assists, dari 26 penampilan.

Usai Liga 1 2017 rampung, Tijani Belaid pindah ke klub Liga Tunisia, Club Africain. Mengejutkannya, Tijani Belaid tiba-tiba main di Indonesia lagi pada Liga 1 2018, gabung Borneo FC dengan status pinjaman selama setengah musim.

Kabar terkini, Tijani Belaid tengah membela klub Irak, Erbil SC. Namun gelandang serang yang pernah memperkuat Inter Milan ini ternyata kontraknya di Erbil SC bakal habis per 31 Juli 2020 mendatang.

Andai tak mendapat perpanjangan kontrak, Tijani Belaid jelas akan berstatus free transfer. Jika benar dilepas Erbil SC, akankah Tijani Belaid main di Indonesia lagi?

Michael Essien

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Michael Essien (Persib Bandung) mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMichael Essien (Persib Bandung) mendapat kawalan ketat dari pemain Arema FC.

Michael Essien, legenda Chelsea ini sepanjang Liga 1 2017 bermain untuk Persib Bandung. Ia total tampil 29 kali bersama Maung Bandung, dengan torehan lima gol dan satu assists.

Karier Essien di Persib Bandung berakhir pada awal 2018. Kabar terkini, Essien tengah membela klub Azerbaijan, FK Sabail.

Namun, menurut data Transfermarkt, kontrak Essien dengan Sabail hanya berlaku sampai 31 Mei 2020 mendatang. Jika tak mendapat perpanjangan, Essien bakal berstatus free transfer dan mungkin mau main di Indonesia lagi.