Bola Internasional

On This Day: Lahirnya 2 Kiper Hebat di Sepak Bola Modern

Rabu, 20 Mei 2020 18:03 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© Julian Finney/Getty Images
Sadio Mane melepaskan tembakan ke gawang Porto yang dikawal Iker Casillas pada babak 8 besar Liga Champions 2019, Rabu (10/04/19), di Anfield. Copyright: © Julian Finney/Getty Images
Sadio Mane melepaskan tembakan ke gawang Porto yang dikawal Iker Casillas pada babak 8 besar Liga Champions 2019, Rabu (10/04/19), di Anfield.

INDOSPORT.COM - 20 Mei menjadi tanggal yang patut disyukuri oleh Real Madrid dan Chelsea. Pasalnya, pada tanggal ini dua kiper legendaris mereka, Iker Casillas dan Petr Cech, lahir ke bumi.

Baik Casillas dan Cech dikenal sebagai dua kiper hebat di era sepak bola modern. Hal ini terlihat dari kontribusinya bagi klub dan negaranya masing-masing.

Casillas lebih dulu lahir ketimbang Cech. Pria asal Spanyol ini lebih tua satu tahun dari rekan seprofesinya. Pun soal karier, pria berusia 39 tahun ini juga lebih dulu dikenal di kancah sepak bola.

Iker Casillas

Iker Casillas memulai kariernya bersama akademi Real Madrid. Namanya mulai dikenal pada usianya yang ke-19 saat tampil di final Liga Champions bagi Los Blancos sebagai kiper pengganti saat melawan Valencia pada tahun 2000 dan menjadi kiper termuda yang tampil di laga pamungkas kompetisi teratas benua biru tersebut.

Sejak saat itu namanya pun mulai melambung dan mulai menjalani peran sebagai kiper nomor satu Real Madrid. Bahkan peranya kian tak tergantikan setela ia memutuskan menandatangi kontrak jangka panjang berdurasi 11 tahun dengan bersama Los Blancos.

Sepanjang pengabdiannya bersama El Real, 17 gelar bergengsi telah dipersembahkannya. Pun di Timnas Spanyol, ia mampu menjadi kunci dibalik La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010, Euro 2008, dan Euro 2012.

Petr Cech

Petr Cech mengawali karier bersama Viktoria Plzen di tanah kelahirannya. Kariernya membela tim besar terbilang lambat. Baru pada usianya ke 19 ia bergabung Sparta Praha.

Seusai dari Praha, ia terbang ke Prancis dan bergabung Stade Rennais. Dari sinilah kisahnya bersama Chelsea dimulai. Pada musim 2004/05, The Blues memboyongnya. Sejak kedatangannya ke London, Cech selalu menjadi andalan.

Bahkan di musim perdananya, Cech mampu mencetak rekor fantastis dengan mencatatkan 24 kali clean sheets dan membuatnya meraih Golden Glove. Total empat gelar kiper terbaik diraihnya selama berkarier di Inggris.

Cech pun juga menjadi aktor dibalik sejarah Chelsea. Pada 2012, tepat satu hari sebelum ulang tahunnya ke-31, ia mampu membawa The Blues merajai Eropa dengan menjuarai Liga Champions 2011/12 dengan total menyelamatkan satu penalti di babak tambahan dan dua penalti di babak adu penalti.

Hebatnya lagi, Cech memegang rekor sebagai kiper dengan catatan clean sheets terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris sebanyak 202 laga tanpa kebobolan.

Di negaranya, Republik Ceko, ia memang tak pernah mengantarkan gelar internasional. Namun, Cech mampu merajai gelar pemain terbaik untuk negaranya sebanyak tujuh kali.

Selamat ulang tahun, Casillas dan Cech!