Bola Internasional

Ada 4-4-2, Ini 6 Formasi Paling 'Pasaran' dalam Dunia Sepak Bola

Sabtu, 23 Mei 2020 04:08 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Olahraga Pedia
Ilustrasi formasi dalam sepak bola. Copyright: © Olahraga Pedia
Ilustrasi formasi dalam sepak bola.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji enam formasi paling populer dalam dunia sepak bola, dimana banyak klub domestik yang menggunakan skema-skema 'pasaran' tersebut.

Formasi pemain merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah tim sepak bola. Dengan formasi, para pelatih mampu mengarahkan strategi dan taktik mereka di lapangan dengan baik.

Formasi juga menggambarkan bagaimana sebuah tim akan bermain. Jika mereka bermain menyerang, maka besar kemungkinan formasi yang dipilih adalah 4-3-3 dan sebaliknya.

Berikut, melansir dari laman portal berita olahraga Bleacher Report, enam formasi paling pasaran yang sangat tenar dalam dunia sepak bola.

1. 4-4-2

Ini adalah formasi yang paling tenar di Inggris selama lebih dari satu dekade. 4-4-2 diyakini sebagai formasi yang sangat seimbang. Salah satu klub yang mempopulerkan skema ini adalah Manchester United di era Sir Alex Ferguson.

2. 4-3-3

Ini juga merupakan salah satu formasi yang sangat dinamis dan efektif, yang membuat sebuah tim mampu bermain possession, counter-attack, atau permainan variatif dari sisi sayap. Klub yang berhasil menggunakan skema ini dengan baik adalah Barcelona di era Pep Guardiola.

3. 4-5-1

Dilihat dari jumlah strikernya, kita sudah bisa menilai bahwa ini adalah formasi bertahan. Namun, karena hanya punya satu striker, tim tersebut harus memaksimalkan permainan dari lini tengah. Tim yang berhasil menerapkan skema ini dengan baik adalah Chelsea di era Jose Mourinho.

4. 4-2-3-1

Bleacher Report menegaskan bahwa ini adalah formasi terbaik di sepak bola modern. Sama seperti 4-5-1, lini tengah bakal menjadi kunci kesuksesan striker tunggal. 4-2-3-1 dipopulerkan oleh Jose Mourinho saat melatih Real Madrid.

5. 3-4-3

Ini adalah formasi yang sangat merepotkan bagi pemain lini belakang. Pasalnya, para bek harus kerja ekstra keras untuk bisa menyuplai bola ke lini tengah. Namun, yang paling berat adalah posisi bek kanan dan kiri. Wigan dari Liga Inggris menerapkan skema ini dengan baik di era Roberto Martinez.

6. 3-5-2

3-5-2 adalah formasi klasik yang sangat populer di Italia. Kabarnya, ini merupakan formasi yang lebih berat dari 3-4-3 bagi bek sayap. Jika para pemain gagal menjalankan tugas masing-masing, tim tersebut terancam kebobolan. Antonio Conte sukses menerapkannya di Inter Milan.

Itulah enam formasi paling populer dan pasaran dalam dunia sepak bola. Namun, semua formasi ada kelemahan dan kelebihan masing-masing. Sehingga, tidak ada formasi yang lebih baik daripada formasi yang lainnya.