Bola Internasional

Mees Hilgers atau Rizky Ridho, Siapa Cocok untuk Timnas Indonesia?

Jumat, 22 Mei 2020 16:20 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Mees Hilgers dan Rizky Ridho, dua bek muda ini mungkin suatu saat nanti bisa menjadi pemain andalan Timnas Indonesia.

Situasi terkini Timnas Indonesia memang masih minim prestasi. Skuat Garuda masih saja kesulitan bersaing di level internasional.

Meski begitu, masa depan Timnas Indonesia mungkin tampak cukup cerah. Timnas Indonesia diketahui punya banyak bakat-bakat muda menjanjikan, khususnya untuk posisi bek tengah.

Pertama, ada bek berusia 19 tahun bernama Mess Hilgers. Dirinya merupakan pemain keturunan Indonesia yang saat ini manggung di pentas Eropa.

Selanjutnya ada Rizky Ridho, sosoknya beberapa kali dipanggil memperkuat lini belakang Timnas Indonesia U-19. Karier bek berusia 18 tahun itu, kini tengah dilalui bersama klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

INDOSPORT lantas coba membandingkan kualitas Mees Hilgers dan Rizky Ridho. Siapa bek muda yang lebih baik untuk Timnas Indonesia?

Karier di Klub

Secara gambaran kasar, Mees Hilgers mungkin reputasinya jauh di atas Rizky Ridho. Maklum, Hilgers mentas di Eropa, sedangkan Rizky masih menghiasi Liga 1 Indonesia.

Meski begitu, bukan berarti karier klub Rizky biasa-biasa saja. Rizky bahkan punya potensi untuk mengalahkan kehebatan Hilgers.

© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Rizky Ridho dalam konferensi pers klub Liga 1, Persebaya Surabaya. Copyright: Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORTRizky Ridho dalam konferensi pers klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

Mari mulai dari Hilgers, sosoknya kini bermain untuk klub top Eredivisie Belanda, FC Twente. Ia tergabung dengan FC Twente sejak level akademi pada tahun 2011, hingga sekarang menembus level U-21.

Musim 2019/20, Hilgers banyak mendapatkan kesempatan bermain bersama Twente U-19. Menurut data Transfermarkt, Hilgers mampu mencatatkan 23 penampilan dan mencetak dua gol.

© instagram.com/meeshilgerss
Mees Hilgers saat memperpanjang kontrak baru dengan FC Twente Copyright: instagram.com/meeshilgerssMees Hilgers saat memperpanjang kontrak baru dengan FC Twente

Beralih ke Rizky, namanya kini menghiasi skuat Persebaya Surabaya di Liga 1 2020. Rizky baru dipromosikan masuk tim senior Persebaya Surabaya pada 5 Januari 2020.

Hebatnya, Rizky langsung bisa mendapatkan kepercayaan lebih. Dari dua laga Liga 1 2020 yang dimainkan Bajul Ijo, Rizky satu kali tampil penuh, tepatnya ketika kalah 3-4 dari Persipura Jayapura.

Melihat segala penjabaran tadi, Hilgers dan Rizky punya kelebihan karier masing-masing. Sulit rasanya memilih salah satu yang lebih baik.

Hilgers yang manggung di pentas sepak bola Eropa, masih berkutat dalam level junior. Sementara Rizky yang 'cuma' main di Liga 1, tapi sudah bisa menembus tim senior.