Bola Internasional

Tukar Guling 3 Pemain Bintang Barcelona dan Juventus, Siapa Diuntungkan?

Jumat, 22 Mei 2020 05:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© Juventus.com
Logo Barcelona dan Juventus Copyright: © Juventus.com
Logo Barcelona dan Juventus

INDOSPORT.COM - Barcelona dan Juventus dikabarkan akan melakukan tukar guling tiga pemain Nelson Semedo, Miralem Pjanic, dan Mattia De Sciglio. Siapa yang diuntungkan?

Meski beberapa kompetisi elite Eropa belum juga kembali bergulir. Geliat-klub-klub besar sudah mulai terlihat untuk mendatangkan pemain.

Seperti yang terlihat di Serie A Liga Italia. Klub juara bertahan Juventus dikabarkan tertarik untuk mendatangkan bek Barcelona, Nelson Semedo.

Menariknya, rumor keinginan Juventus mendatangkan Semedo justru melibatkan pemain lain. Dua nama bintang mereka, Miralem Pjanic dan Mattia De Sciglio, ikut dimasukan sebagai tukar guling untuk memuluskan transfer Semedo dari Barcelona.

Lantas pertanyaannya, apakah skema tukar guling itu adalah keputusan yang menguntungkan buat Juventus. Atau sebaliknya, justru lebih menguntungkan Barcelona.

Siapa yang Untung, Juventus atau Barcelona?

Jika melihat secara singkat, andai skema transfer tukar guling pemain tersebut benar-benar tewujud. Barcelona akan  menjadi pihak yang diuntungkan.

Karena meski harus melepas salah satu bek andalannya, Nelson Semedo, mereka akan mendapatkan dua pemain sekaligus. Ditambah uang yang dikabarkan mencapai nilai 22 juta pound (sekitar Rp396 miliar).

Selain itu, kehilangan Semedo bisa jadi merupakan perkara yang merugikan untuk strategi Barcelona karena sudah punya pemain sekaliber Sergi Roberto yang juga bisa dimainkan di pos bek kanan, selain gelandang tengah.

Di pos bek kanan, Sergi Roberto sudah 13 kali dimainkan di LaLiga Spanyol. Dengan catatan hanya sekali Barcelona kalah saat dirinya bermain di posisi itu.

Catatan itu tak beda jauh dari Semedo yang sudah 18 kali dimainkan di pos bek kanan di LaLIga Spanyol musim ini. Dengan jumlah yang lebih banyak, ia pun lebih sering menelan kekalahan sebanyak tiga kali.

Jangan lupakan juga bahwa Barcelona akan mendapatkan De Sciglio, pemain yang juga bisa dimainkan sebagai bek kanan dan kiri. Dengan kapabilitas dan usia yang masih 27 tahun, dia jelas meruakan pelapis sepadan buat Sergi Roberto nantinya.

Kemudian Miralem Pjanic sebagai bagian tukar guling Juventus. Bisa jadi kedatangan sang pemain inilah yang justru sangat menguntungkan buat Barcelona nanti.

Sebab secara kualitas, Pjanic masih sangat layak diandalkan Barcelona. Dengan gaya permainannya, Pjanic rasanya akan mampu menjadi pengalir bola yang luar biasa.

Apalagi bisa dibilang di Barcelona saat ini belum cukup ada pemain yang memiliki gaya seperti Pjanic. Rakitic mungkin sedikit menyerupai, namun belakangan pemain asal Krasia itu justru lebih banyak diterpa rumor sehingga tak bisa tampil optimal.

Sebaliknya, kedatangan Pjanic ke Barcelona, justru bisa berpeluang menghadirkan kerugian buat Juventus. Meski mungkin tak signifikan, perannya masih sangat krusial buat Juventus musim ini.

Terlihat dari hanya tiga kali Pjanic absen, itu pun karena cedera dan akumulasi kartu. Serta hanya sekali duduk di bangku cadangan dalam pertandingan Serie A Liga Italia musim ini.

Buat Juventus sendiri, andai skenario transfer ini terwujud, bukan berarti mereka tak mendapatkan keuntungan. Kedatangan bek sekaliber Nelson Semedo, jelas merupakan keuntungan nyata yang bisa membuat lini pertahanan mereka lebih solid.

Namun sebenarnya, jika dilihat buat Juventus, ada atau tidak adanya Semedo bukan jadi perkara besar buat mereka untuk tetap merajai Liga Italia. Karena di pos bek kanan saja, sudah ada pemain sekelas Danilo.

Jadi pada akhirnya jika bisa disimpulkan. Alih-alih buat Juventus sebagai pemerkasa. Kesepakatan transfer tukar guling  tiga pemain bintang ini rasanya justru akan jauh lebih menguntungkan buat Barcelona.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%