Bola Internasional

Hoffenheim, Klub Kuda Hitam Jerman yang Rutin Ekspor Pemain Hebat ke Liga Inggris

Sabtu, 23 Mei 2020 21:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© EUFA.com, Talk Sport, INDOSPORT
Hoffenheim, Klub Kuda Hitam Jerman yang Rutin Ekspor Pemain Hebat ke Liga Inggris Copyright: © EUFA.com, Talk Sport, INDOSPORT
Hoffenheim, Klub Kuda Hitam Jerman yang Rutin Ekspor Pemain Hebat ke Liga Inggris

INDOSPORT. COM - Hoffenheim, klub kuda hitam Bundesliga Jerman ini terhitung rajin mengekspor pemain-pemain hebat ke Liga Inggris.

Nama Hoffenheim mulai beredar di persaingan kasta tertinggi sepak bola Jerman pada musim 2008/09. Kala itu Hoffenheim baru saja promosi, usai finis sebagai runner-up Bundesliga 2.

Musim pertama menghiasi Bundesliga Jerman, Hoffenheim langsung bisa menempati peringkat tujuh klasemen akhir musim. Setelahnya, secara konsisten Hoffenheim mampu tampil menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan dalam Bundesliga Jerman.

Paling mentereng terjadi pada 2016 hingga 2018. Dua musim beruntun, Hoffenheim berhasil masuk ke empat besar papan atas klasemen.

Kalau mau ditelusuri lebih jauh lagi, kehebatan Hoffenheim bukan hanya dari segi status kuda hitam saja. Hoffenheim ternyata juga cukup sering menelurkan bakat-bakat hebat, yang kemudian menjadi bintang top Liga Inggris.

Gylfi Sigurdsson

© Getty Images
Gylfi Sigurdsson mencoba keluar dari penjagaan pemain Kroasia. Copyright: Getty ImagesGylfi Sigurdsson mencoba keluar dari penjagaan pemain Kroasia.

Gylfi Sigurdsson sejak 2012 mulai tenar sebagai pemain bintang Liga Inggris. Lebih dulu tenar bersama Swansea City, Gylfi Sigurdsson kemudian laku bersama tim-tim yang lebih besar, seperti Tottenham Hotspur dan yang terkini Everton.

Kalau melihat ke belakang, Gylfi Sigurdsson ternyata merupakan pemain jebolan Hoffenheim. Gylfi Sigurdsson menjadi bagian dari skuat Hoffenheim Sekitar dua tahun lamanya, dari 2010 sampai 2012.

Sepanjang membela Hoffenheim, Gylfi Sigurdsson tampil 39 kali, mencetak 10 gol, dan menyumbangkan empat assists. Gylfi Sigurdsson sempat pula dipinjamkan Hoffenheim ke Swansea City pada Januari 2012, atau yang menjadi titik awalnya bersinar di Liga Inggris.

Demba Ba

© Ian Horrocks/Newcastle United via Getty Images
Salah satu pemain muslim yang pernah memperkuat Newcastle United. Copyright: Ian Horrocks/Newcastle United via Getty ImagesSalah satu pemain muslim yang pernah memperkuat Newcastle United.

Demba Ba merupakan pemain yang berperan besar atas keberhasilan Hoffenheim promosi ke kasta tertinggi Bundesliga Jerman. Musim 2007/08, Demba Ba tampil 30 kali dan mencetak 12 gol di pentas Bundesliga 2, sekaligus membawa Hoffenheim mendapatkan tiket promosi.

Musim perdana Hoffenheim di Bundesliga Jerman, Demba Ba juga tampil hebat. Demba Ba bisa mencetak 14 gol dari 33 kali penampilan.

Sampai akhirnya masuk musim 2010/11, Demba Ba dilepas Hoffenheim ke klub Liga Inggris, West Ham United. Sejak itu, sinar Demba Ba di Liga Inggris dimulai.

Terutama setelah pindah ke Newcastle United pada musim 2011/12. Demba Ba tampil sangar sebagai penyerang.

Raksasa Inggris, Chelsea, sampai jatuh hati kepada Demba Ba dan merekrutnya pada pertengahan musim 2012/13. Perjalanan Demba Ba di Inggris sendiri berakhir pada 2013/14, setelah itu pindah ke klub Turki, Besiktas.


Roberto Firmino

© Mohammed Dabbous/Anadolu Agency via Getty Images)
Pemain Liverpool, Roberto Firmino mencium tropi Piala Dunia Antarklub di babak final, Minggu (22/12/19) dini hari WIB. Copyright: Mohammed Dabbous/Anadolu Agency via Getty Images)Pemain Liverpool, Roberto Firmino mencium tropi Piala Dunia Antarklub di babak final, Minggu (22/12/19) dini hari WIB.

Hasil jebolan Hoffenheim yang paling hebat mungkin terletak kepada nama Roberto Firmino. Peran Firmino kini begitu mahsyur bersama Liverpool.

Musim dingin 2011, Firmino pertama kali mendaratkan kaki di Jerman, gabung Hoffenheim, usai dibeli dari klub Brasil, Tombense. Karier Firmino ternyata berkembang pesat ketika membela Hoffenheim.

Sampai akhirnya pada 2015, Liverpool tertarik memboyong Firmino. Kini Firmino jadi salah satu bintang besar Liga Inggris, dan sudah membawa The Reds juara Liga Champions 2018/19.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%