In-depth

Preston North End, Juara Liga Inggris Edisi Perdana yang Siap Comeback

Sabtu, 23 Mei 2020 12:03 WIB
Editor: Coro Mountana
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Preston North End, Juara Liga Inggris Edisi Perdana yang Siap Comeback Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Preston North End, Juara Liga Inggris Edisi Perdana yang Siap Comeback

INDOSPORT.COM – Preston North End, sejatinya adalah klub legendaris yang sukses menjadi juara Liga Inggris edisi perdana, kini mereka siap melakukan comeback.

Berdiri pada tahun 1880, atau 140 tahun yang lalu, Preston North End sesungguhnya merupakan klub raksasa Liga Inggris. Bukan karena betapa tuanya tetapi lebih ke prestasi yang mereka capai pada masa lampau.

Jauh sebelum Manchester United, Liverpool, Chelsea, Manchester City dan Arsenal menguasai Liga Inggris seperti saat ini, ada klub tua bernama Preston North End yang jadi raja. Tepatnya pada Liga Inggris edisi perdana, 1888/1889.

Juara Liga Inggris Edisi Perdana

Ketika itu Liga Inggris akhirnya dibentuk pada musim 1888/1889 yang diikuti oleh 12 klub yakni, Preston North End, Aston Villa, Wolverhampton Wanderers, Blackburn Rovers, Bolton Wanderers, West Bromwich Albion, Accrington, Everton, Burnley, Derby County, Notts County dan Stoke City.

Dengan format dua putaran, masing-masing tim akan bermain maksimal hingga total 22 pertandingan. Di saat belum ada raksasa Liga Inggris seperti Liverpool, Manchester City dan lain-lain. Preston North End keluar sebagai juara edisi perdana.

Menang 18 kali tanpa pernah kalah dalam 22 laga, Preston North End unggul jauh dengan Aston Villa sebagai pesaing terdekat. Preston North End unggul 11 angka (dengan catatan saat itu menang hanya berharga 2 poin saja) atas Aston Villa.

Pemain bintang yang sukses membawa Preston North End juara pada saat itu adalah John Goodall yang juga menjadi top skor pertama sepanjang sejarah Liga Inggris. Bermain dalam 21 laga, Goodall sukses menyarangkan 21 gol.

Capaian menjadi juara di edisi perdana pun membuat Preston North End masuk dalam jajaran klub legendaris Liga Inggris. Torehan semakin sempurna ketika Preston North End sukses juara lagi di edisi kedua Liga Inggris.

Cerita begitu indah hingga akhirnya Preston North End dan sulit untuk kembali lagi ke kasta teratas Liga Inggris akibat perubahan zaman. Hingga saat ini, Preston North End pun terdampar di kasta kedua LIga Inggris.

Akan tetapi, pada musim ini, cerita berbeda dengan Preston North End mulai mengintip dan siap untuk comeback lagi ke kasta teratas Liga Inggris lewat jalur promosi.

© SkySports
Arsenal saat melawan Preston North End. Copyright: SkySportsArsenal saat melawan Preston North End.

Siap Comeback ke Kasta Teratas Liga Inggris

Sebelum kompetisi Liga Inggris dihentikan sementara oleh virus corona, Preston North End ternyata berkesempatan untuk promosi ke kasta teratas. Menyisakan 9 pertandingan lagi, Preston North End saat ini menempati posisi keenam, batas akhir tiket play off promosi.

Bermaterikan pemain yang sebagiannya pernah berlaga di kasta teratas Liga Inggri seperti Declan Rudd dan David Nugent, Preston North End berhasrat ingin comeback lagi. Sebagai informasi, Rudd sempat jadi kiper Norwich City, sedangkan Nugent adalah eks tandem Jamie Vardy.

Dengan materi pemain itu, sepertinya Preston North End boleh berharap bisa meraih tiket promosi. Masalahnya, rival yang dihadapi cukup tangguh juga seperti Fulham, Brentford, Nottingham Forest, Bristol City, Millwall, hingga Cardiff City.

Itulah Preston North End, klub legendaris yang meraih gelar juara Liga Inggris edisi perdana dan sekarang ingin comeback lagi, mampukah mereka melakukannya? Patut dinanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%