Bola Internasional

Apa Kabar Alireza Faghani, Eks Wasit Liga 1 yang Tampil di Piala Dunia?

Minggu, 24 Mei 2020 11:16 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Tony Feder/Getty Images
Alireza Faghani adalah salah satu wasit elite FIFA yang pernah memimpin sejumlah pertandingan di Liga 1. Apa kabar dirinya sekarang? Copyright: © Tony Feder/Getty Images
Alireza Faghani adalah salah satu wasit elite FIFA yang pernah memimpin sejumlah pertandingan di Liga 1. Apa kabar dirinya sekarang?

INDOSPORT.COM – Alireza Faghani adalah salah satu wasit elite FIFA yang pernah memimpin sejumlah pertandingan di Liga 1. Apa kabar dirinya sekarang?

Bagi para penggemar sepakbola Indonesia, nama atau minimal wajah Alireza Faghani tentu sudah tidak asing lagi sebagai wasit.

Sebab, pria berusia 42 tahun tersebut pernah malang melintang di sepak bola Tanah Air, memimpin beberapa kali pertandingan Liga 1 pada musim 2017 lalu.

Setidaknya Persib Bandung, Persija Jakarta, Arema FC, sampai Persipura Jayapura pernah merasakan kepemimpinan wasit yang sudah menjadi wasit FIFA sejak tahun 2008 itu .

Dengan total enam pertandingan dipimpinnya di Liga 1 2017, Alireza memulai debutnya sebagai wasit di Indonesia pada 24 September 2017 saat memimpin laga Persib Bandung kontra Bhayangkara FC yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Hadirnya Alireza saat itu sangat menjadi perhatian publik sepak bola Indonesia. Selain karena memang itu pertama kalinya ada wasit asing di Liga Indonesia, juga karena status Alireza sendiri yang merupakan salah satu wasit elite FIFA.

Salah satu buktinya bahwa kualitas Alireza bukan wasit sembarangan. Setahun setelah memimpin laga Liga 1 2017 itu, Alireza dipanggil FIFA sebagai salah satu wasit di Piala Dunia 2018. Bahkan, tak tanggung-tanggung, FIFA mempercayainya memimpin laga penting perebutan peringkat ketika antara Belgia vs  Inggris.

Apa Kabar Alireza Faghani

Setelah tak lagi memimpin pertandingan di Liga 1, Alireza Faghani masih terus melanjutkan kariernya mempin pertandingan di kompetisi domestik Iran. Termasuk juga beberapa kali memimpin pertandingan internasional di level antarklub Asia, maupun laga persahabatan antarnegara.

Sampai akhirnya di tahun 2019 lalu, sebuah langkah besar diambil oleh Alireza Faghani. Dirinya memilih untuk meninggalkan Iran, membawa serta keluarganya untuk pindah tinggal di Australia.

Kepindahan itu kemudian diikuti dengan kariernya yang juga berlanjut di Negeri Kangguru itu. Alireza Faghani menjadi wasit tetap di kompetisi kasta tertinggi Liga Australia, A League sejak September 2019. Debutnya terjadi pada tanggal 12 Oktober 2019 dalam pertandingan Western Sydney vs Central Cost.

"Begitu keluarga saya membuat keputusan untuk pindah ke Australia, fantastis bahwa peluang untuk menjadi wasit di A League pun muncul," kata Alireza Faghani lewat halaman resmi A League

“Itu adalah keputusan yang sangat besar untuk meninggalkan negara asal kami, tetapi saya sangat berterima kasih bahwa saya masih dapat menjadi wasit secara profesional di salah satu liga domestik terbaik di Asia dan juga melanjutkan karier saya sebagai ofisial pertandingan internasional,” lanjutnya.

Sejak bergabung sebagai wasit penuh A-League Australia, Alireza Faghani telah memimpin total 15 pertandingan. Dengan laga antara Brisbane Roar vs Costal Coast (13/03/20) sebagai laga terakhirnya, sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi virus corona.