Bola Internasional

Termasuk 4-6-0, Ini 5 Formasi Paling Gila dalam Sejarah Sepak Bola

Senin, 25 Mei 2020 15:39 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Berikut tersaji lima formasi paling aneh dan gila dalam sejarah sepak bola, dimana satu diantaranya adalah 4-6-0. Copyright: © Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Berikut tersaji lima formasi paling aneh dan gila dalam sejarah sepak bola, dimana satu diantaranya adalah 4-6-0.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima formasi paling aneh dan gila dalam sejarah sepak bola, dimana satu diantaranya adalah 4-6-0.

Sepak bola memang sarat dengan formasi. Tanpa formasi, permainan sebuah tim tidak akan tertata. Karena, mereka jadi tak memiliki 'arah' ketika bermain.

Kebanyakan tim menggunakan formasi yang lazim dan berpotensi besar untuk memberikan kemenangan, seperti Inter Milan dengan 3-5-2, Barcelona dengan 4-3-3, dan lain-lain.

Namun ternyata, ada juga tim-tim yang nekat menggunakan formasi aneh nan tak masuk akal. Bagi orang awam, skema tersebut justru bisa menjadi bumerang karena tak seimbang.

Berikut tersaji lima formasi paling aneh dalam sejarah sepak bola, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. 4-2-4

Melansir dari situs Sportskeeda, Barcelona pernah menggunakan formasi ini ketika dilatih oleh Pep Guardiola pada 2009/10. Sebenarnya, mereka tetap mengandalkan 4-3-3, tapi ada satu ketika Guardiola mengubahnya menjadi 4-2-4. Kelemahan skema ini adalah pada lini tengah dan tidak akan mudah diterapkan oleh tim kecil.

2. 1-2-1-6

Melansir dari situs The Sport Rush, Barcelona juga pernah menggunakan formasi gila 1-2-1-6 saat menghadapi Slavia Praha di Liga Champions pada 6 November 2019. Alasannya, mereka ingin menang besar. Namun ternyata, tim tamu berhasil menahan imbang klub Catalan dengan skor 0-0.

3. 4-6-0

Dari Sportskeeda, timnas Spanyol arahan Vicente Del Bosque menerapkan skema ini pada Piala Dunia 2010 yang lalu. Del Bosque menggunakan taktik 'false nine' dalam formasi tersebut. Ternyata, mereka sukses menjuarai Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

4. 2-7-2

Melansir dari Fox Sports, pelatih tim junior Paris Saint-Germain U-19 yang bernama Thiago Motta dikabarkan menggunakan formasi aneh ini. Lebih gilanya lagi, kiper mereka juga menjalani peran ganda ke dalam tujuh gelandang tersebut. Motta berharap timnya bisa menekan lawan dengan intensitas tinggi.

5. 1-6-3

Formasi super gila ini diterapkan oleh timnas Jepang pada 1936 yang silam. Sosok yang memiliki ide ini adalah Jenderal Yoshijiro Umezu. Ternyata, skema tersebut dilabeli 'kamikaze' oleh pengamat sepak bola dan membuat Jepang dihabisi Swedia 2-3 dan dibabat Italia 0-8 pada tahun tersebut.

Itulah lima formasi paling aneh yang pernah digunakan oleh beberapa tim sepak bola di seluruh dunia, baik di kancah domestik maupun internasional. Meski aneh, tapi ternyata tidak semuanya memberikan hasil yang buruk.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%