Bola Internasional

Melihat Kembali Aksi debut Egy Maulana di Lechia Gdansk, Sebelum Kontraknya Usai

Rabu, 27 Mei 2020 07:18 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tinggal menyiskan semusim lagi kontrak bersama klub Liga Polandia Lechia Gdansk, inilah detik-detik Debut Egy Maulana Vikri dua tahun lalu.

Menjadi perhatian luar biasa publik sepak bola Indonesia saat dirinya direkrut klub kasta teratas Liga Polandia, Lechia Gdansk, tak terasa Egy Maulana Vikri kini tinggal hanya menyisakan kontrak tinggal setahun lagi di sana.

Jika melihat perjalanannya di Lechia Gdansk sejak pertengahan tahun 2018 itu, Egy Maulana bisa dibilang memang minim sekali mendapatkan ksempatan bermain di tim utama.

Hal itu juga sempat diakuinya dalam sebuah obrolan bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali beberapa lalu melalui Instagram.

"Saya ingin masuk ke skuat inti yang menurut saya sangat sulit. Bahkan, untuk masuk ke-18 pemain yang akan main saja itu benar-benar sangat sulit lah. Harus ekstra kerja keras dan saya belum tahu ke depannya," terang Egy Maulana.

Untuk itu diakui Egy Maulana Vikri juga bahwa dirinya akan tersu berjuang di sisa kontraknya yang tinggal semusim lagi. Seraya memenuhi rasa penasarannya bisa mencapai karier bagus di sepak bola Eropa

"Saya belum tahu ke depannya yang pasti saya belum menyerah dan mempunyai rasa penasaran. Saya tak tahu harus menjelaskannya tapi saya masih ingin sekali lah bermain di Eropa lagi karena masih ada rasa penasaran yang belum saya ketahui," tuturnya.

Berkaca pada situasi Egy Maulana Vikri saat ini yang tinggal menisakan semusim lagi di Lechia Gdansk. Maka dari itu, INDOSPORT coba mengingatkan lagi, bagaimana perjuangan anak muda asal Medan itu, dalam sebuah pertandingan monumental yang menandai debutnya di dataran Eropa. Seperti berikut

Detik-detik Debut Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk

Penyerang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri saat itu akhirnya resmi menjalankan debut bersama tim utama Lechia Gdansk di pekan ke-20 Ekstraklasa Liga Polandia 2018/19, Minggu (23/12/18). Dirinya bermain sebagai pemain pengganti menghadapi Gorkin Zabrze, pada menit ke-82 menggantikan Lukas Haraslin.

Jelang masuknya Egy ke dalam lapangan, sambutan luar biasa langsung diberikan oleh suporter Lechia Gdansk yang memadati Stadion Energa Gdansk tempat pertandingan berlangsung. Termasuk juga oleh Lukas Haraslin yang digantikannya.

Setelah dimainkan, Egy mengisi posisi yang ditinggalkan Haraslin di sisi kiri. Di posisi tersebut, Egy sempat beberapa kali menguasai bola dan coba menusuk ke pertahanan Gorkin Zabrze meski masih bisa digagalkan pemain lawan.

Turun di posisi menyerang, Egy pun tak segan untuk turut membantu pertahanan hingga ke posisi kiri belakang Lechia Gdansk.

Hasilnya, meski hanya bermain skeitar 12 menit, pemain 18 tahun itu mampu mempertahankan kemenangan Lechia Gdansk 4-0 atas Gorkin Zabrze dan membuat mereka tetap bertahan di puncak klasemen Ekstraklasa Liga Polandia 2018/19.

Setelah debut tersebut, Egy Maulana Vikri hingga kini telah mencatatkan empat caps bersama Lechia Gdansk. Dimana semua terjadi sebagai pemain pengganti. Dengan catatan total 55 menit bermain di atas lapangan, belum ada satupun gol maupun assist yang bisa diciptakannya.