Liga Indonesia

Pernah Jadi Tangan Kanan, Ini Nasihat Luis Milla untuk Bang BES

Kamis, 28 Mei 2020 05:49 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bayu Eka Sari atau kerap disapa Bang BES merupakan tangan kanan (penerjemah) Luis Milla saat masih melatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Bayu Eka Sari atau kerap disapa Bang BES merupakan tangan kanan (penerjemah) Luis Milla saat masih melatih Timnas Indonesia.

Pria asal Makassar itu pun menyebut jika awal-awal saat bekerja sama dengan Luis Milla, banyak hal baru yang harus ia pelajari untuk mengimbangi pelatih asal Spanyol itu. Apalagi, jobdesk sebagai penerjemah pelatih sepak bola baru diterimanya pertama kali.

“Coach Luis awal-awal saya kerja sama dia, dia bilang ‘BES nanti kan banyak belajar sama saya, kamu perhatikan banyak yang bisa kamu ambil,’ saya pikir nggak perlu ribet belajar sepak bola karena udah sering nonton kan dari kecil.”

“Ternyata pas saya sudah masuk benar sangat kompleks, sangat sulit,” tutur Bang Bes saat live Instagram bersama redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Namun seiring berjalannya waktu, kecocokan antaranya Luis Milla dan dirinya pun sudah mulai terbangun. Menurut Bang BES, selama menjadi penerjemah, pelatih berusia 54 tahun itu sering memberi nasihat dan mendukung Bang Bes untuk menjadi seorang pelatih sepak bola.

“Orang awam mungkin lihat 11 lawan 11, tapi nggak cuma itu supaya bisa performa bagus. Dari situ saya ngerasa, mungkin jalan hidup saya adalah di tim sepak bola kayak Coach Luis ini.”

“Makanya ketika saya ambil sekolah, Coach Luis ketawa aja. Dia bilang pas saya sama dia itu sebenernya udah kayak sekolah tiap hari. Dia sih mendukung banget buat jadi pelatih,” tambah Bang BES.

Dalam obrolannya saat live Instagram bersama INDOSPORT, Bang BES menyebut sudah ada tiga tim yang menawarkan dirinya untuk menjadi seorang pelatih. Namun belum ada yang diterima karena ia mengaku masih harus banyak belajar.

Rencananya, ia masih ingin mengambil lisensi B AFC. Setelah sebelumnya ia sudah mengantongi lisensi C AFC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%