Bursa Transfer

4 Pemain Mahal yang 'Tidak Berguna' dan Langsung Dipinjamkan

Jumat, 29 Mei 2020 21:15 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Quality Sport Images/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Spanyol, Real Madrid, James Rodriguez Copyright: © Quality Sport Images/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Spanyol, Real Madrid, James Rodriguez

INDOSPORT.COM - Bila sebuah klub berani mendatangkan seorang pemain dengan harga yang sangat mahal, biasanya pemain tersebut akan menjadi pilihan utama di skuatnya. Seperti halnya manajemen Liverpool yang berani mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton pada Januari 2018 silam.

Kala itu, Virgil van Dijk dijadikan oleh Jurgen Klopp dan manajemen Liverpool lainnya sebagai bek termahal dunia, sebelum disingkirkan oleh bek anyar Manchester United, Harry Maguire. Kala itu, VVD, julukannya, dibanderol manajemen The Reds dengan harga 75 juta poundsterling.

Harga yang sangat tinggi, namun selaras dengan prestasi yang diberikannya kepada Liverpool. Pasalnya belum lama ini, Virgil van Dijk berhasil membawa Liverpool meraih treble winners di tahun 2019. Trofi Liga Champions, Piala Super UEFA, hingga Piala Dunia Antarklub berhasil ia persembahkan untuk para kopites.

Namun, dalam beberapa kasus terdapat beberapa klub yang rela menggelontorkan banyak uangnya untuk seorang pemain, tapi tidak digunakan sebagai pemain inti mereka. Bahkan, beberapa di antaranya justru dipinjamkan ke klub lain. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Andy Carroll

© Press Association
Caption Copyright: Press AssociationAndy Carroll

Mantan penyerang Timnas Inggris, Andy Carroll, kala itu didatangkan oleh Liverpool dari Newcastle United pada tahun 2011 untuk menggantikan peran Fernando Torres. Dibanderol dengan harga 35 juta poundsterling membuat dirinya menjadi pemain termahal Inggris kala itu.

Namun sayang, dirinya gagal memberikan performa terbaiknya bersama The Reds. Bahkan di tangan dingin Brendan Rodgers sekalipun, Carroll masih belum ammpu menunjukkan kualitasnya. Alhasil, dirinya pun dipinjamkan ke West Ham United pada 2012 selama semusim, sebelum akhirnya dipermanenkan pada Juli 2013 oleh The Hammers.

Kini, Andy Carroll telah kembali memperkuat Newcastle United dengan status free transfer sejak bulan Agustus 2019 lalu.

2. Fernando Torres

© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Fernando Torres resmi pensiun dari dunia sepak bola. Copyright: David S. Bustamante/Soccrates/Getty ImagesFernando Torres.

Salah satu pembelian terburuk Chelsea, Fernando Torres, sempat menjalani masa peminjaman ke AC Milan pada Agustus 2014. Padahal, Torres kala itu didatangkan dari Liverpool dengan harga yang sangat mahal, yakni 50 juta poundsterling.

Peminjaman yang dilakukan oleh manajemen Chelsea kala itu tak lepas dari performa buruknya selama tiga musim bersama The Blues. Dirinya pun dilepas secara permanen ke Milan pada Januari 2015 dan kini dirinya telah memutuskan pensiun.

3. Radamel Falcao

© Chris Brunskill/GettyImages
Radamel Falcao, striker sekaligus kapten Timnas Kolombia Copyright: Chris Brunskill/GettyImagesRadamel Falcao

Ketenaran Falcao mulai terpancar ketika dirinya masih membela Atletico Madrid. Hingga pada akhirnya, AS Monaco yang baru saja promosi ke Ligue 1 Prancis membelinya di tahun 2013 dengan mahar yang besar, 43 juta euro.

Namun dirinya hanya bertahan semusim, sebelum dipinjamkan ke Manchester United. Biaya peminjamannya pun sangat tinggi, yakni 7,6 juta euro. Di Man United, dirinya gagal memberikan penampilan yang terbaik, bahkan terkesan sangat buruk.

Hanya bertahan selama semusim, dirinya pun dipinjamkan kembali oleh Monaco ke Chelsea. Sama halnya dengan di Setan Merah, bersama The Blues pemain asal Kolombia itu gagal memberikan dampak yang signifikan dan sangat buruk. Hingga pada akhirnya ia pun kembali ke Monaco dengan pada 2016, sebelum akhirnya pindah ke Galatasaray dan bertahan hingga kini.

4. James Rodriguez

© INDOSPORT
James Rodriguez Copyright: INDOSPORTJames Rodriguez

Bintang Timnas Kolombia, James Rodriguez, didatangkan oleh Real Madrid dari AS Monaco dengan mahar yang sangat tinggi, yakni 75 juta euro di tahun 2014. Hal tersebut tak lepas dari bagusnya performa yang ia tunjukkan di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil.

Diberikan nomor punggung 10, Rodriguez disinyalir akan menjadi bintang baru berdampingan dengan Cristiano Ronaldo di atas lapangan saat masih membela Real Madrid. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Dirinya kerap bermain dari bangku penghangat daripada bermain sejak menit awal pertandingan. Tak ingin performanya kian buruk, ia pun memutuskan untuk dipinjamkan ke Bayern Munchen selama dua musim pada Juli 2017 lalu. Kini dirinya telah kembali untuk memperkuat Real Madrid.