Liga Indonesia

3 Fakta Eks Persebaya yang Sempat Diincar AC Milan

Minggu, 31 Mei 2020 08:04 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Getty Images
Berikut 3 fakta eks Persebaya yang sempat diincar oleh klub legendaris Serie A Italia AC Milan, Mario Karlovic. Copyright: © Getty Images
Berikut 3 fakta eks Persebaya yang sempat diincar oleh klub legendaris Serie A Italia AC Milan, Mario Karlovic.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 fakta eks Persebaya yang sempat diincar oleh klub legendaris Serie A Italia AC Milan, Mario Karlovic.

Karlovic sendiri nyatanya menjadi salah satu pemain Australia yang mendapatkan satu tempat di hati Bonek. Mengingat, ia memiliki umpan akurat dan mampu menjadi tempo permainan Persebaya.

Berkat kecintaan para Bonek, manajemen Persebaya mempertahankan Mario Karlovic selama dua musim (2011 hingga 2013).

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh mantan gelandang Kuala Lumpur FA tersebut, terbukti dalam 66 laga dirinya sukses mencetak 16 gol.

Selain itu, gemilangnya performa Karlovic bersama Persebaya membuat ia terpilih masuk dalam skuad Indonesia Selection yang menghadapi Inter Milan pada ajang uji coba di tahun 2012 lalu.

Meski gagal memberikan kemenangan buat Indonesia Selection (kalah 3-0 dari Inter Milan), namun gaya permainan serta pergerakan Karlovic berhasil membuat kagum para penonton.

Terlepas dari itu, Karlovic nyatanya pernah memikat perhatian klub sekaliber AC Milan. Rossoneri kepincut dengan gaya permainan Karlovic saat tampil bersama Timnas Australia U-17.

"Itu benar (kabar ketertarikan AC Milan). Franco Baresi melihat DVD saya dan mengundang saya bergabung dengan AC Milan.”

“Namun waktunya tidak tepat, karena saya baru mengalami patah kaki saat bermain dan cedera," ucap Karlovic dilansir adelaidenow.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 fakta eks Persebaya yang sempat mendapatkan perhatian dari klub sekaliber AC Milan.

Jebolan Liga Italia

Karlovic sendiri memulai karier di akademi FFSA NTC, Australia pada tahun 1997-2000. Ia juga sempat memperkuat Adelaide City Force, dengan torehan tiga gol dari 16 laga.

Penampilan apiknya di Liga Australia, Karlovic sukses menembus kancah sepak bola Eropa dan berlabuh ke Liga Italia dengan memperkuat A.S. Cittadella di Serie B.

Menurut laporan situs Transfermarkt, Karlovic telah memainkan 12 pertandingan bersama Cittadella. Sayangnya, ia tak memberikan kontribusi nyata dalam urusan produktivitas gol.

Bantu Persebaya Raih Runner-up

Menurut situs Soccerway, gelandang berusia 36 tahun tersebut nyatanya pernah berkontribusi dalam membantu Persebaya 1927 meraih runner-up IPL 2011/12.

Saat itu Persebaya 1927 hanya terpaut delapan poin dari sang juara, Semen Padang. Sekedar informasi, Persebaya mengoleksi 38 poin, sedangkan Semen Padang meraih 46 poin.

Persebaya 1927 sendiri berhasil menorehkan 12 kemenangan, dua hasil imbang, dan hanya tumbang sebanyak delapan kali dalam satu musim.

Sedang Menganggur

Menurut kabar yang disampaikan oleh situs Transfermarkt, Karlovic saat ini tidak memiliki kontrak dengan klub manapun alias sedang menganggur.

Dirinya terakhir kali berkarier di Liga Malaysia. Terhitung, dirinya telah bermain bersama tiga klub Liga Malaysia, yakni Kuala Lumpur FA, ATM FA dan Terengganu FC.