Liga Inggris

Legenda Liverpool Ungkap Kunci Sukses Jurgen Klopp Bersama The Reds

Senin, 1 Juni 2020 06:27 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Jan Kruger/Getty Images
Legenda Liverpool Ungkap Kunci Sukses Jurgen Klopp Bersama The Reds Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Legenda Liverpool Ungkap Kunci Sukses Jurgen Klopp Bersama The Reds

INDOSPORT.COM - Legenda Liverpool, John Barnes mengungkapkan kunci kesuksesan Jurgen Klopp bersama mantan klubnya tersebut dengan banyaknya capaian selama ini.

Liverpool bisa dikatakan sebagai klub tersukses di Inggris saat ini. Tak hanya di Inggris, tapi juga di kancah Eropa dengan catatan prestasi.

Dalam dua musim terakhir di Liga Inggris, tim yang bermarkas di Anfield Stadium tersebut berhasil bermain konsisten dalam merebutkan gelar juara di kompetisi domestik ini.

Selain di Liga Inggris, klub yang memiliki julukan The Reds ini rupanya juga bisa dibilang sukses dan mencapai kejayaan di luar Inggris. Semua kesuksesan tersebut dapat di raih oleh Liverpool dalam waktu sekejap.

Menurut mantan pemainnya, John Barnes, kesuksesan yang diraih oleh Liverpoll rupanya tak luput dari kesabaran dan juga kepercayaan yang diberikan kepada sanga pelatih, Jurgen Klopp.

“ini akan selalu menjadi resep untuk setiap klub dalam meraih kesuksesan. Lihat saja Sir Alex Ferguson, ia diberikan waktu oleh Manchester United dan mendapatkan dukungan penuh serta kepercayaan dari dewan. Itu sebabnya ia mampu membangun tim yang hebat,” kata John Barnes dilansir dari Goal Internasional.

Tak hanya Sir Alex Ferguson, menurutnya, Jose Mourinho juga merupakan pelatih yang sukses membawa Chelsea meraih beberapa gelar juara.

“Chelsea melakukan hal yang sama dengan Jose Mourinho pada periode pertamanya dan hasil mereka meraih banyak trofi,” tambahnya.

Pria yang berusia 56 tahun ini rupanya juga memberikan analisa dalam mencapai kesuksesan disetiap klub sepak bola. Hal paling penting dalam meraih kesuksesan adalah memberikan pelatih mereka sumber daya yang pas serta memberikan waktu yang cukup untuk membangun tim.

“Klub akan berhasil jika memberikan pelatih mereka sumber daya yang tepat dan waktu yang cukup untuk membangun tim” ungkapnya.

“Tidak heran jika Liverpool telah menjadi dua klub paling sukses di Inggris selama dua tahun terkahir. Hal ini dikarenakan pelatih benar-benar orang yang bertanggung jawab,” ujarnya.

Saat ini, Liverpool akan merengkuh gelar juara Liga Inggris pertama kalinya sebentar lagi setelah hampir 30 tahun yang lalu belum merasakan gelar tersebut.

Pasukan dari Jurgen Klopp hanya membutuhkan dua kali kemenangan lagi agar mereka bisa mengunci gelar juara Liga Inggris yang selama ini sudah mereka nantikan.