Bola Internasional

Katalog Pemain Keturunan Indonesia di Luar Negeri (Part 1)

Selasa, 2 Juni 2020 21:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ivar.jenner
Indonesia punya banyak pemain keturunan yang tersebar di luar negeri. Fenomena tersebut mungkin saja akan memberikan keuntungan bagi prestasi Timnas Indonesia. Copyright: © ivar.jenner
Indonesia punya banyak pemain keturunan yang tersebar di luar negeri. Fenomena tersebut mungkin saja akan memberikan keuntungan bagi prestasi Timnas Indonesia.

INDOSPORT. COM - Indonesia punya banyak pemain keturunan yang tersebar di luar negeri. Fenomena tersebut mungkin saja nantinya akan memberikan keuntungan bagi prestasi Timnas Indonesia.

Sejarah penjajahan masa lalu, jadi salah satu faktor yang mempengaruhi terus bermunculannya pemain keturunan Indonesia. Buktinya saja, sebagian besar pemain keturunan Indonesia kini berkarier di Belanda, negara yang dulu 350 tahun menduduki Tanah Air.

Bukan cuma faktor penjajahan saja sebenarnya. Masih ada faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi, seperti pernikahan dengan Warga Negara Asing (WNA).

Semua pemain keturunan pun berpotensi memberikan dampak baik kepada kiprah Timnas Indonesia. Telah ada buktinya, Stefano Lilipaly, pemain blasteran Belanda, beberapa tahun terakhir terus menjadi tumpuan Timnas Indonesia untuk mengarungi laga-laga level internasional.

Redaksi berita olahraga INDOSPORT lantas coba merangkum katalog pemain keturunan Indonesia yang tersebar di luar negeri. Mari simak ulasannya berikut ini.

Ivar Jenner

© https://www.instagram.com/ivar.jenner/
Ivar Jenner, Wonderkid Indonesia di Eredivisie Belanda. Copyright: https://www.instagram.com/ivar.jenner/Ivar Jenner, Wonderkid Indonesia di Eredivisie Belanda.

Ivar Jenner merupakan pemain remaja keturunan Indonesia yang kini berkarier bersama klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht U-17. Kualitasnya sebagai gelandang terbilang lumayan, karena sampai mendapatkan jabatan kapten di timnya.

Latar belakang Ivar Jenner mendapat darah keturunan Indonesia ternyata muncul berkat garis keturunan ayahnya. Leluhur Ivar Jenner berasal dari Jawa, sehingga dirinya sah dikatakan sebagai pemain keturunan Indonesia.

"Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ungkap Ivar Jenner kepada awak INDOSPORT.

Jim Croque

© INstagram.com/j.croque9
Jim Roberto Croque pemain keturunan Indonesia. Copyright: INstagram.com/j.croque9Jim Roberto Croque pemain keturunan Indonesia.

Namanya merupakan pemain remaja keturunan Indonesia yang mulai musim depan bermain untuk tim Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem U-17. Berposisi sebagai penyerang, kualitas Jim Croque sebelumnya lebih dulu dipoles di akademi BFC Bussum.

Ditanya mengenai darah keturunan Indonesia yang dimilikinya, Jim Croque mengaku mendapatkannya berkat garis keturunan ayahnya. Hal itu lantaran kakeknya asli berasal dari Jawa, dan tentu menurun pula ke Jim Croque.

"Kakek nenek saya berasal dari Jawa, jadi ayah saya 100 persen memiliki darah Indonesia," ucap Jim Croque kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.


Xiamaro Thenu

© INDOSPORT
3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Dibela Messi-nya Maluku Xiamaro Thenu Copyright: INDOSPORTXiamaro Thenu

Kiprah Xiamaro Thenu tercatat sebagai pemain keturunan Indonesia yang mulai musim depan gabung Vitesse Arnhem U-17. Benar, Xiamaro bakal menjadi rekan setim bagi Jim Croque.

Xiamaro sendiri terbiasa menempati posisi sebagai winger, yang mana kualitasnya telah lebih dulu ditempa bersama akademi SV Houten serta FC Utrecht. Soal darah keturunan Indonesia, Xiamaro mengaku punya latar belakang Maluku di dalam dirinya.

"Ya benar, saya punya darah keturunan Maluku," tegas Xiamaro Thenu kepada INDOSPORT.


Jayden Houtriet

© instagram.com/jaydenhoutriet
Jayden Houtriet Copyright: instagram.com/jaydenhoutrietJayden Houtriet

Jayden Houtriet merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini merumput bersama Vitesse Arnhem U-19. Secara umur dan klub, Jayden Houtriet musim depan bakal menjadi senior bagi dua pemain keturunan Indonesia lainnya, Jim Croque dan Xiamaro Thenu.

Karier Jayden yang masih berusia 18 tahun, terbiasa menempati posisi gelandang. Sepanjang musim 2019/20, Jayden terbilang mendapat menit bermain reguler di Vitesse U-19dengan catatan 16 penampilan dan dua gol.

Beberapa waktu lalu, Jayden membuat pengakuan kepada pemain Indonesia di Belanda, Yussa Nugraha. Jayden membocorkan tentang latar belakang darah Indonesia yang ada dalam dirinya.

“Darah Indonesia berasal dari Mama. Dia tidak lahir di Indonesia, tapi orang tua Mama, Opa dan Oma saya, lahir di Indonesia. Opaku dari Jakarta, Omaku dari Manado,” ucap Jayden melalui akun Youtube Yussa.


Tristan Gooijer

© ajax.nl
Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat menggiring bola. Copyright: ajax.nlPemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat menggiring bola.

Tristan Gooijer merupakan bek tengah muda yang kini sedang merumput bersama Ajax Amsterdam. Masih berusia 15 tahun, Tristan Gooijer dipercaya untuk bermain di tim muda Ajax Amsterdam level U-16 dan U-17.

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Tristan Gooijer dituliskan memiliki darah keturunan Indonesia. Status kewarganegaraan Tristan Gooijer dijelaskan oleh Transfermarkt ke dalam dua logo bendera, yakni Belanda serta Indonesia.

Tristan Gooijer ternyata membenarkan data yang ada pada situs Transfermarkt. Sang pemain menjelaskan bahwa memang ada darah keturunan Maluku yang mengalir di dalam tubuhnya.

"Saya memiliki darah keturunan Maluku yang didapat dari ibu saya," ungkap Tristan Gooijer kepada INDOSPORT.