Bola Internasional

Shin Tae-yong Beberkan Target Bersama Timnas Indonesia

Selasa, 2 Juni 2020 19:20 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Mendapat mandat melatih tiga tim, Shin Tae-yong beberkan target bersama Timnas Indonesia Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Mendapat mandat melatih tiga tim, Shin Tae-yong beberkan target bersama Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Mendapat mandat melatih tiga tim, Shin Tae-yong beberkan target bersama Timnas Indonesia, yang sudah ia tukangi sejak 2019 lalu.

Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) mendatangkan Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Indonesia, Timnas Indonesia U-23, dan Timnas Indonesia U-19.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong menjadi kepala pelatihan dari tiga tim atau tiga kelomppok umur. Tentu, setiap tim memiliki target yang berbeda. 

Dilansir dari laman KBS, sang pelatih pun membeberkan target bersama Timnas Indonesia. Untuk Timnas utama, Shin Tae-yong hanya berharap skuatnya mampu tampil apik di tiga laga terakhir kualifikasi Piala Dunia. 

Pasalnya, Timnas Indonesia telah mengalami 5 kekalahan dalam lima pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas masih menyisakan tiga laga, yakni melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Kemudian, untuk Timnas U-23 tidak memiliki agenda hingga 2021. Lebih lanjut, Shin Tae-yong akan lebih berfokus pada pengembangan Timnas Indonesia U-19 yang akan berpartisipasi dalam Piala Dunia U-20 2021. 

"Saya kira awalnya tidak sulit melatih Timnas Indonesia. Namun, ternyata saya menemui kendala, terutama saat mengumpulkan pemain. Menurut saya, untuk sepak bola Indonesia akan lebih maju jika ada pembibitan bakat muda," ujar sang pelatih saat diwawancarai KBS. 

"Timnas senior sudah pasti sulit lolos ke babak selanjutnya usai menelan lima kekalahan di kualifikasi Piala Dunia. Timnas U-23 tidak memiliki agenda. Hal paling penting adalah menyiapkan U-19 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2021," sambungnya. 

Selama masa pandemi corona, Shin Tae-yong memberkan pelatihan secara virtual. Dibantu asistennya, Lee Jae-hong, sang pelatih fokus pada latihan kebugaran dan tetap memperhatikan asupan nutrisi para pemain Timnas.