Liga Inggris

5 Calon Peraih Sepatu Emas Liga Inggris di Musim 2019-2020

Kamis, 4 Juni 2020 16:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Mohamed Salah meraih Golden Boot Copyright: © INDOSPORT
Mohamed Salah meraih Golden Boot

INDOSPORT.COM – Liga Inggris siap dimulai kembali. Termasuk Jamie Vardy dan Mohamed Salah, sejumlah pemain mulai bersaing lagi mendapatkan penghargaan Sepatu Emas liga musim 2019-2020.

Setelah hampir dua bulan terhenti akibat pandemi virus corona, Liga Inggris akhirnya resmi akan bergulir lagi pada 17 Juni mendatang. Sejumlah protokol kesehatan pun dirancang guna mempersiapkan lanjutan kompetisi itu.

Dengan masih ada 9 pertandingan jadwal Liga Inggtis tersisa untuk masing-masing tim yang belum dimainkan, kompetisi sepak bola tertinggi di Negeri Ratu Elizabeth itu pun akan segera mencapai puncak akhirnya.

Selain tim yang berburu gelar juara, para pemain juga mulai bersaing lain memperebutkan gelar Sepatu Emas atau pencetak gol terbanyak di liga musim ini.

Musim lalu, penghargaan Sepatu Emas harus diberikan kepada tiga orang karena mereka sama-sama mencetak jumlah gol yang sama, yakni 22 gol. Ketiga pemain itu yakni Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal), Mohamed Salah dan Sadio Mane (Liverpool).

Nah, bagaimana dengan musim ini? INDOSPORT membeberkan ada lima pemain yang punya kans besar memenangkan hadiah topskor alias Sepatu Emas atas pencapaian mereka di Liga Inggris musim ini:

1. Jamie Vardy (Leicester City)

Secara mengejutkan, penyerang Leicester City Jamie Vardy saat ini memimpin perburuan Sepatu Emas dengan mengantongi 19 gol. Pemain 33 tahun itu mungkin sudah memasuki masa akhir kariernya, namun di atas lapangan dia masih tajam.

Sejauh Liga Inggris musim ini, Vardy menghasilkan gol rata-rata setiap 14 menit. Bila dia terus mempertahankannya, bukan tidak mungkin Vardy bisa mengakhiri musim dengan torehan 24 gol.

Vardy telah tujuh pertandingan tanpa mencetak gol antara Desember dan Maret. Dengan dua gol lebih unggul dari rekannya, bukan tidak mungkin dia difavoritkan memenangkan trofi ini.

2. Sergio Aguero (Manchester City)

Sergio Aguero sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu striker terbaik di Liga Inggris. Dia  menduduki urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa kompetisi.

Penyerang berkebangsaan Argentina itu saat ini mengemas 16  gol. Peraih Sepatu Emas musim 2014/15 itu berpeluar besar memenangkan trofi itu lagi di musim ini.

Pemain 31 tahun itu punya kans besar menambah pundi-pundi golnya saat Manchester City menghadapi empat tim non-unggulan, Brighton, Bournemouth, Watford, dan Norwich City, saat Liga Inggris berlanjut.

3. Sadio Mane (Liverpool)

Sadio Mane dikenal sebagai salah satu penyerang paling berbahaya di Liga Inggris. Pentolan Liverpool itu saat ini mengoleksi 14 gol di Liga Inggris. Tentunya dia butuh  delapan gol tambahan untuk bisa meraih Sepatu Emas lagi musim ini.

Target itu tentunya bisa dengan mudah tercapai mengingat pemain berkebangsaan Senegal itu dikenal sebagai penyerang paling konsisten. Dia rata-rata mampu mencetak gol setiap 149 menit.

Dengan sisa pertandingan melawan tim seperti Aston Villa, Brigton, Burnley, dan Newcastle United, ada kemungkinan Sane bisa mencetak banyak gol yang mungkin akan membuatnya mempertahankan Sepatu Emas.