Liga Indonesia

Pelatih PSIS Tetap Berharap Ada Degradasi di Kompetisi Liga 1

Jumat, 5 Juni 2020 17:47 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Dragan Djukanovic ketika memimpin latihan terakhir PSIS jelang laga uji coba lawan Sriwijaya FC. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Dragan Djukanovic ketika memimpin latihan terakhir PSIS jelang laga uji coba lawan Sriwijaya FC.

INDOSPORT.COM – Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic berharap jika nantinya Liga 1 2020 dilanjutkan tetap berlaku format degradasi.

Sebelumnya, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia memang mengusulkan bahwa kompetisi Liga 1 akan dilanjutkan dengan meniadakan degradasi.

Walaupun meniadakan degradasi, PSSI juga mengusulkan bahwa sistem promosi tetap berlaku dari Liga 2 dengan mengambil juara dan runner up sehingga nantinya di Liga 1 tahun 2021 ada 20 tim yang berlaga.

Menurut Dragan, di kompetisi tahun ini masih berjalan cukup panjang sehingga jika ada degradasi masih bersifat manusiawi walaupun berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

“Saya pikir lebih baik jika berjalan normal dengan tetap ada degradasi. Pakai aturan yang sebelumnya saja karena kebetulan kita masih menjalani tiga pertandingan sehingga kompetisi masih cukup panjang,” tutur Dragan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (05/06/20) siang.

Namun, Dragan juga tak mempermasalahkan apabila PSSI tetap berpegang teguh bahwa kompetisi Liga 1 dilanjutkan dengan meniadakan sistem degradasi.

“Namun, tidak begitu masalah karena ada negara-negara yang sudah menerapkan hal yang sama (red-tidak ada degradasi) seperti Serbia, Yunani, dan Jepang,” imbuh mantan juru taktik Borneo FC ini.

Dragan Djukanovic sendiri lebih mementingkan kompetisi Liga 1 tetap dilanjutkan dan ia sudah tak sabar untuk kembali berkompetisi. Bahkan di tengah pandemi Covid-19, ia masih tetap di Semarang untuk menanti kabar baik kelanjutan kompetisi.