Liga Indonesia

Kisah Marc Klok yang Tidak Tahu Ada Kompetisi Sepak Bola di Indonesia

Sabtu, 6 Juni 2020 06:54 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marc Anthony Klok mengakui bahwa awalnya dia hanya tahu Indonesia sebagai sebuah negara tanpa sepak bola. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marc Anthony Klok mengakui bahwa awalnya dia hanya tahu Indonesia sebagai sebuah negara tanpa sepak bola.

INDOSPORT.COM - Marc Anthony Klok, atau biasa dikenal dengan nama Marc Klok, pertama dikenalkan dengan sepak bola Indonesia oleh mantan pelatihnya di PSM Makassar, Robert Rene Alberts. Itu artinya, Robert adalah orang pertama yang menawarkan pemain 27 tahun ini untuk berkarier di Tanah Air.

Saat ditawari untuk bermain di PSM Makassar, rupanya Klok awalnya tidak tahu jika ada sepak bola di Indonesia. Dalam wawancaranya bersama mantan rekan setimnya, Hamkah Hamzah di channel Hamka Story 23, Klok menyebut hanya tahu dan pernah liburan ke Indonesia.

“Robert Rene Albert ya, dengan agen dia namanya Frank orang Belanda juga tapi tinggal di Vietnam. Dan dia bilang, ‘Klok liga mau mulai, kamu mau ke Indonesia? Karena saya ada stopper di sini tapi dia tidak mau bertahan’,” cerita Klok saat ditanya siapa orang yang paling berjasa dalam kariernya di Indonesia.

“Waktu dia pertama telepon saya, dan saya mendengar Indonesia, apa ada bola di sana? Saya tahu negaranya, tapi tidak tahu ada bola di sana,” ungkap Klok.

“Sebelumnya saya hanya pernah liburan di Indonesia dengan istri,” tambah Klok.

Saat menerima tawaran dari Robert, rupanya mantan pemain FC Utrecht U-21 itu langsung mencari tahu di internet soal sepak bola Indonesia dan menghubungi Wiljam Pluim untuk bertanya lebih jauh.

“Setelah telepon, saya cek di internet semuanya, saya telepon Wiljam Pluim dia sudah di sana waktu itu.”

“Lalu saya bicara dengan keluarga, dan mereka shock. Tapi orang tua support kalau ini yang terbaik. Saya telepon Robert kembali dan saya bilang mau,” tutup pemain yang kini membela Persija Jakarta itu.

Pemain kelahiran 20 April 1993 itu pertama datang ke Tanah Sulawesi pada 2017 lalu. Nilai Klok kala itu dilansir melalui laman Transfermarkt, senilai 300ribu euro atau kurang lebih sekitar Rp4,5 miliar.

Saat ini, Klok sudah berseragam oranye bersama Persija Jakarta. Nilai transfernya pun cukup lumayan yaitu 450ribu euro atau kurang lebih sekitar Rp6,7 miliar.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%