Liga Indonesia

Perkembangan Proses Naturalisasi Klok Sudah Masuk Tahap Akhir

Sabtu, 6 Juni 2020 15:03 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Shintya Anya Maharani
Proses naturalisasi pemain asal Belanda, untuk menjadi warga negara Indonesia, Marc Anthony Klok sudah hampir selesai. Copyright: © Shintya Anya Maharani
Proses naturalisasi pemain asal Belanda, untuk menjadi warga negara Indonesia, Marc Anthony Klok sudah hampir selesai.

INDOSPORT.COM - Proses naturalisasi pemain asal Belanda, untuk menjadi warga negara Indonesia, Marc Anthony Klok sudah hampir selesai.

Klok mulai berkarier di Indonesia pada 2017 lalu dan berseragam PSM Makassar. Tiga tahun membela PSM, Klok pun ingin mencoba tantangan baru yaitu membela Tim Nasional Indonesia.

Namun sayang, proses naturalisasinya mengalami banyak hambatan. Dalam curhatannya di Youtube Channel Hamka Hamzah, pemain kelahiran Amsterdam, 20 April 1993 itu menyebut jika prosesnya hampir selesai.

“Ya sekarang corona, saya pikir orang tidak kerja dikantor. Jadi saya pikir corona selesai, naturalisasi juga selesai karena sudah step akhir,” tutur mantan pemain FC Utrecht U-21 itu.

Persija Jakarta, klub yang kini dibela Marc Klok pun juga ikut membantu pemain bernomor punggung 10 ini. Menurut Direktur Olahraga Persija Jakarta, Ferry Paulus proses naturalisasi Klok memang sudah hampir rampung.

"Proses natulasasi Klok, Kemenkumham sudah, BIN informasi tadi sudah, Setneg, dan masuk ke DPR. Nanti di komisi X proses naturalisasi dites seperti bahasa, Pancasila, nyanyi lagu Indonesia Raya. Jika itu prosesnya selesai, tuntas sudah," ucap Ferry Paulus, pada Februari 2020 lalu.

Sekadar informasi, Klok sendiri saat ini memperkuat Persija Jakarta di Liga 1 2020. Ia sudah sempat tampil dua kali, sebelum kompetisi berhenti karena pandemi virus corona.