Liga Indonesia

Plus Minus Liga 1 Jika Ingin Ikuti Format Thai League 1

Sabtu, 6 Juni 2020 19:43 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/@Liga1Match
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menjabarkan plus minus Liga 1 jika ingin mengikuti format yang diterapkan oleh Thai League 1. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menjabarkan plus minus Liga 1 jika ingin mengikuti format yang diterapkan oleh Thai League 1.

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menjabarkan plus minus Liga 1 jika ingin mengikuti format yang diterapkan oleh Thai League 1.

Sekadar informasi, format Thai Lague 1 semula masih sama dengan Liga 1 sebelum pandemi virus corona menyerang negeri gajah putih tersebut.

Kini, Thai League 1 mengikuti format liga-liga top di Eropa yang rencananya akan dimulai pada September 2020 dan berakhir di pertengahan Mei 2021 mendatang.

Mencuat wacana agar Liga 1 mengikuti format Thai League 1, Hasani menjabarkan plus minus yang akan didapatkan oleh sepakbola Indonesia kelak.

"Jika ingin meniru Thailand masalahnya adalah di regional Asia Tenggara itu banyak kali berbenturan dengan jadwal Piala AFF," ungkap Hasani, Selasa (02/06/20).

"Kebiasaan di Indonesia, masa kompetisinya itu dari Januari ke Desember. Kalau loncat ke September dan berhentinya di Mei atau Juni maka musimnya jadi 20/21, di luar negeri sudah hal biasa," tambahnya.

Namun, Hasani menyebut ada keuntungan yang akan diterima oleh Tim Nasional (Timnas) Indonesia jika mengikuti format Thai Laegue 1 dan liga-liga top Eropa.

"Plusnya kami mengikuti standar eropa jadi lebih cenderung diuntungkan dengan kalender FIFA. Ini menguntungkan untuk timnas jika melihat jangka panjang," tutur Hasani.

Untuk saat ini, wacana Liga 1 2020 dilanjutkan pada September mendatang paling mengemuka. Namun, apakah formatnya bakal mengikuti Thai League 1 belum diputuskan oleh PSSI.