Liga Indonesia

Kompetisi Kembali Jalan, PSSI Siapkan Regulasi Baru

Minggu, 7 Juni 2020 10:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© stmed.net/Wikipedia
PSSI bakal menyiapkan regulasi baru untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang rencananya akan kembali bergulir. Copyright: © stmed.net/Wikipedia
PSSI bakal menyiapkan regulasi baru untuk kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang rencananya akan kembali bergulir.

INDOSPORT.COM - PSSI berencana untuk melanjutkan roda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 setidaknya pada September hingga Oktober mendatang, setelah berhenti karena pandemi virus corona. Demi mewujudkan hal itu, PSSI akan menyusun beberapa regulasi baru.

PSSI berencana menerapkan regulasi penggunaan pemain U-20  baik di Liga 1 dan Liga 2. Hal ini diutarakan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Buat kepentingan Timnas U-20 adalah saat pemain tidak ikut pemusatan latihan, mereka bisa berkompetisi di Liga 1 dan 2. Karena rata-rata pemain sudah memiliki klub," ucap Indra Sjafri.

Indra pun menilai regulasi ini tidak akan mengganggu klub bila nanti mereka dipanggil untuk pemusatan latihan. 

"Kalaupun pemusatan latihan berlangsung yang biasanya pemain dipanggil hanya sekitar 23 hingga 30 orang. Sementara pemain yang tidak terpanggil pemusatan latihan, mereka tetap terasah lewat kompetisi," jelas ia.

PSSI memberikan isyarat kompetisi akan lanjut dengan protokol tetap (protap) kesehatan Virus Corona (COVID-19). Hal ini disampaikan PSSI ketika berdiskusi dengan stakeholders sepak bola nasional, yakni Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), APSSI, serta klub Liga 1 dan Liga 2.

Liga 1 direncanakan lanjut pada September atau Oktober 2020, dan disusul Liga 2 dalam beberapa minggu kemudian. Liga 1 akan berpusat di Pulau Jawa, sementara Liga 2 formatnya menjadi home tournament yang juga berpusat di Pulau Jawa.