Bola Internasional

Bisa ke Liga 1, Vermeer Punya Kisah dengan 2 Calon Bintang Naturalisasi

Minggu, 7 Juni 2020 08:53 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© https://twitter.com/NashvilleSC
Sebelum dikaitkan bakal hijrah Liga 1, Vinnie Vermeer sendiri nyatanya memiliki kisah dengan 2 calon bintang naturalisasi Timnas Indonesia. Copyright: © https://twitter.com/NashvilleSC
Sebelum dikaitkan bakal hijrah Liga 1, Vinnie Vermeer sendiri nyatanya memiliki kisah dengan 2 calon bintang naturalisasi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Pemain berdarah Indonesia Vinnie Vermeer dikabarkan berpeluang hijrah ke Liga 1. Namun sebelum itu terjadi, ia pernah memiliki kisah dengan 2 calon bintang naturalisasi Timnas Indonesia.

Vermeer memang merupakan pesepak bola keturunan Indonesia. Hal itu terbukti dari data Transfermarkt yang menyertakan bendera Indonesia di status kewarganegaraan Vermeer.

Beberapa waktu lalu, Vermeer sempat diisukan akan dinaturalisasi dan menjadi bagian Timnas Indonesia. Media Vietnam, Bongda, pernah membuat artikel tentang kemungkinan proses naturalisasi Vermeer.

Lahir di Belanda, Vermeer sempat menimba ilmu sepak bola bersama akademi PSV Eindhoven. Pada 2011, ia mulai pindah-pindah klub, dari FC Eindhoven, NAC Breda, hingga ke Liga Ekuador, Deportivo Azogues.

Sayangnya, pada 2015, gelandang berusia 24 tahun tersebut harus menganggur setelah Deportive Azogues tak memperpanjang kontraknya.

Transfermarkt mencatat, Vinnie Vermeer menganggur selama setahun, hingga pada 2016 NAC Breda kembali merekrutnya.

Berselang lima tahun, Vermeer kini lagi-lagi dikabarkan sedang menganggur tak memiliki klub setelah dilepas klub kasta kedua Amerika Serikat, Nashville FC pada 1 Desember 2019.

Fakta Vermeer yang menganggur, mungkin bisa membuatnya melirik kompetisi Liga 1 Indonesia. Pengalamannya menimba ilmu sepak bola di PSV, rasanya cukup kompeten untuk bersaing dengan para pemain Liga 1 lainnya.

Namun situasinya sekarang terbilang agak sulit. Para klub Liga 1 2020 sudah melengkapi kuota pemain asingnya semua, dan Vermeer kecil kemungkinan bisa bergabung.

Sebenarnya masih ada kesempatan sampai bursa transfer benar-benar ditutup. Toh, siapa tahu ada klub Liga 1 2020 yang melakukan evaluasi mendepak salah satu pemain asingnya dan membuka peluang untuk Vermeer.

Ada pula opsi lainnya, yakni Vermeer harus benar-benar menyelesaikan proses naturalisasinya. Jika itu terjadi, ia bakal berstatus pemain lokal dan klub-klub Liga 1 berpotensi lebih berminat memakai jasanya.