Bola Internasional

5 Pemain Bintang yang Pernah Jadi Kiper Dadakan Saat Pertandingan

Senin, 8 Juni 2020 18:56 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PHIL COLE/GETTY IMAGES
Termasuk Rio Ferdinand, berikut 5 pemain berlabel bintang yang pernah menjadi kiper dadakan saat pertandingan Copyright: © PHIL COLE/GETTY IMAGES
Termasuk Rio Ferdinand, berikut 5 pemain berlabel bintang yang pernah menjadi kiper dadakan saat pertandingan

INDOSPORT.COM – Termasuk Rio Ferdinand, berikut 5 pemain berlabel bintang yang pernah menjadi kiper dadakan saat pertandingan

Sepakbola adalah olahraga yang tak bisa diprediksi dalam permainannya. Banyak suatu kejadian tak terduga yang terjadi di dalamnya. Hal ini membuatnya menjadi olahraga terpopuler di dunia.

Selain banyaknya kejadian yang tak dapat diprediksi, sepak bola juga menghadirkan banyak drama di dalamnya. Sebagai contoh gol di menit akhir Manchester United pada final Liga Champions 1999 atau comeback sempurna Liverpool di ajang yang sama pada 2005.

Namun, semua drama tersebut nampak biasa saja. Toh banyak laga-laga lainnya juga memberi drama yang tak kalah. Termasuk saat seorang pemain harus memainkan posisi tak wajar saat pertandingan masih berlangsung.

Sebagai pemain sepakbola, wajar saja jika pelatih meminta untuk mendalami posisi lain. Hal ini untuk menambah variasi taktik ataupun sebagai antisipasi jika ada kejadian yang tak diharapkan.

Seperti lima pemain ini yang harus dipaksa memerankan posisi penjaga gawang secara mendadak.

1. Rio Ferdinand

Pada 2008, Manchester United harus berhadapan dengan Portsmouth di ajang Piala FA. Saat itu, Setan Merah harus kehilangan kipernya saat pertandingan berlangsung. Rio Ferdinand pun lantas didapuk sebagai penjaga gawang dan timnya harus tersingkir dari kompetisi tersebut.

2. Harry Kane

Dikenal sebagai penyerang tajam Inggris, Harry Kane pernah mencicipi posisi penjaga gawang di laga kompetitif. Hal tersebut terjadi pada 2014 saat Hugo Lloris harus diusir dari lapangan. Pergantian pemain yang telah penuh membuat sang penyerang rela mengisi pos sebagai kiper.

3. John Terry

2006 menjadi tahun yang paling menyakitkan bagi Chelsea. Pasalnya, dua kiper andalannya mengalami cedera parah saat menghadapi Reading. Petr Cech dan Carlo Cudicini harus ditandu keluar lapangan pada laga tersebut akibat cedera parah dan memaksa John Terry turun tangan menjadi kiper di waktu yang tersisa.