Bola Internasional

Anfield Nomor 2, Ini Dia 5 Stadion dengan Atmosfer Terbaik di Dunia

Jumat, 5 Juni 2020 15:26 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Robbie Jay Barratt/GETTYIMAGES
Meski dikenal sebagai stadion magis, Anfield yang merupakan kandang Liverpool hanya menempati posisi kedua dalam daftar stadion dengan atmosfer terbaik di dunia. Copyright: © Robbie Jay Barratt/GETTYIMAGES
Meski dikenal sebagai stadion magis, Anfield yang merupakan kandang Liverpool hanya menempati posisi kedua dalam daftar stadion dengan atmosfer terbaik di dunia.

INDOSPORT.COM – Meski dikenal sebagai stadion magis, Anfield yang merupakan kandang Liverpool hanya menempati posisi kedua dalam daftar stadion dengan atmosfer terbaik di dunia.

Pandemi corona yang menyerang seluruh dunia membuat sepak bola mengalami perubahan besar. Salah satunya adalah ketiadaan para suporter yang memenuhi stadion untuk menyaksikan secara langsung.

Kondisi ini pun tentunya akan mengurangi daya magis sebuah pertandingan sepak bola. Pasalnya, keberadaan suporter yang memenuhi stadion tentu akan memberikan semangat bagi tuan rumah sekaligus memberikan tekanan pada tim tamu.

Hal itulah yang biasanya terjadi di berbagai stadion terkenal di dunia, seperti Anfield di Inggris, maupun Signal Iduna Park di Jerman.

Namun, rupanya dalam daftar 5 besar stadion dengan atmosfer terbaik di dunia versi majalah France Football, kedua stadion tersebut gagal menempati puncak. Lantas stadion mana yang berada di puncak?

Berikut ini 5 stadion dengan atmosfer terbaik di dunia:

5. Celtic Park (Glasgow Celtic)

Dengan kapasitas 60.411 penonton, kandang klub raksasa Skotlandia Glasgow Celtic ini merupakan stadion terbesar di Skotlandia, sekaligus stadion terbesar ke delapan di seantero Inggris Raya.

Sama seperti di Liverpool, suporter Celtic juga kerap menyanyikan lagu You’ll Never Walk Alone untuk memberi semangat kepada para pemainnya. Suasana ketika puluhan ribu orang menyanyikan lagu itu secara bersamaan memang merupakan sebuah momen yang sangat magis.

4. Rajko Mitic Stadium (Red Star Belgrade)

Kandang Red Star Belgrade ini dulunya bernama Red Star Stadium atau lebih dikenal dengan julukan Marakana. Stadion berkapasitas 53.000 orang sekaligus stadion terbesar di Swedia ini kemudian berganti nama pada Desember 2014 demi menghormati Rajko Mitic, legenda klub.

Selain selalu dipenuhi suporter Red Star yang dikenal selalu bersemangat memberikan dukungan, salah satu hal paling terkenal di stadion ini adalah lorong dari kamar ganti ke lapangan yang terkesan suram dan dipenuhi grafiti sehingga mampu membuat nyali pemain lawan menjadi ciut.

3. Signal Iduna Park (Borussia Dortmund)

Salah satu hal yang membuat Signal Iduna Park dikenal adalah keberadaan Yellow Wall, yakni tribun selatan stadion tersebut. Di sektor tersebut biasanya supporter Borussia Dortmund menciptakan beragam koreografi cantik selama pertandingan yang memberikan semangat luar biasa bagi para pemain.

Stadion yang dulu bernama Westfalen ini merupakan stadion terbesar di Jerman sekaligus terbesar ketujuh di Eropa dengan kapasitas 81.365 penonton.