Liga Indonesia

Bukan Sepak Bola, Ini Olahraga Pertama yang Ditekuni Otavio Dutra

Senin, 8 Juni 2020 18:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© persija.id
Pemain Persija Jakarta, Otavio Dutra, ternyata menggeluti olahraga ini sebelum nyemplung ke sepak bola. Copyright: © persija.id
Pemain Persija Jakarta, Otavio Dutra, ternyata menggeluti olahraga ini sebelum nyemplung ke sepak bola.

INDOSPORT.COM - Pemain Persija Jakarta, Otavio Dutra, merupakan salah satu bek terbaik di Liga Indonesia. Ia telah meraih dua gelar juara liga bersama Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC.

Namun, siapa sangka Dutra ternyata awalnya tidak berkecimpung di sepak bola normal. Pemain naturalisasi itu 
lahir dari sepak bola mini atau futsal di Brasil.

Hal ini secara tidak langsung diakui Dutra turut memengaruhi gaya permainannya. Ia dikenal sebagai bek dengan kualitas penguasaan bola yang baik.

"Di Brasil, saya pertama kali menjadi pemain futsal. Sama seperti pemain di negara kelahiran saya, kami harus bisa bermain futsal. Mungkin itu yang membuat saya menjadi bek yang dapat memegang bola dan gesit walau badan saya besar," ujarnya.

Dutra mengaku, awalnya posisi bermainnya bukan sebagai bek, melainkan penyerang. Akan tetapi, saat menekuni futsal, ia diharuskan menjadi pemain belakang karena teman-temannya tidak ada yang mau menempati posisi itu.

"Saat itu teman-teman saya tidak ada yang bersedia menjadi bek. Akhirnya saya di posisi itu walau di futsal memang akhirnya fleksibel. Mulai sejak itu saya menjadi bek hingga terjun ke sepak bola profesional," tutup pemain yang baru bergabung dengan Persija Jakarta itu.

Saat ini, Otavio Dutra tetap berada di Jakarta meski tim dan Liga 1 diliburkan akibat pandemi virus corona. Ia hanya berlatih mandiri dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan melakukan beragam kegiatan.