Liga Spanyol

Kata Ajaib Lionel Messi, Buat Bintang Muda Barcelona Sukses Adaptasi

Senin, 8 Juni 2020 14:39 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Thomas Eisenhuth/Getty Images
Berkat petuah ajaib Lionel Messi, Frenkie de Jong sukses beradaptasi dengan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Copyright: © Thomas Eisenhuth/Getty Images
Berkat petuah ajaib Lionel Messi, Frenkie de Jong sukses beradaptasi dengan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

INDOSPORT.COM - Sosok Lionel Messi rupanya tak hanya menginspirasi kalangan diluar lapangan, melainkan juga rekan setimnya di raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Hal ini diungkapkan oleh bintang muda Blaugrana, Frenkie de Jong.

Berkat performa impresif bersama Ajax Amsterdam pada musim 2018/19, de Jong resmi dibeli Barcelona dengan mahar 75 juta euro (Rp1,1 triliun) dan resmi bergabung pada Juli 2019 lalu. Sebagai pemain baru dirinya tentu butuh waktu penyesuaian.

Akan tetapi gelandang berusia 23 tahun ini terkesan cukup sukses membantu Barcelona hingga bisa memuncaki klasemen LaLiga Spanyol sementara dan kian dekat menyabet gelar juara. Menurut De Jong rahasia kecepatannya  beradaptasi berkat petuah dari Messi sendiri.

"Di Ajax dan skuat Timnas Belanda, saya punya peran berbeda tapi kami memainkan strategi enam ganda (dua gelandang bertahan). Saya harus bisa beradaptasi karena bukan merupakan spesialis bertahan, melainkan lebih menyerang," ucap De Jong dilansir Marca.

"Jika Lionel Messi berbicara dan berikan saran, anda akan merasa senang untuk menerimanya karena dia adalah pemain terbaik di dunia. Ada kalanya dia memberikan saran untuk bermain ke sisi dalam atau keluar, hal kecil tapi bisa buat perubahan besar," tambahnya lagi.

Berkat saran dari kapten asal Argentina tersebut, De Jong mampu mencatatkan dua gol dan empat assists dalam 37 laga penampilannya bersama Barcelona sepanjang musim ini. Berkat kehebatannya, Quique Setien memasukan nama mantan bintang Ajax ini sebagai bagian penting skemanya.

Meskipun menghadapi banyak masalah mulai dari kisruh internal dan krisis finansial akibat virus Corona, De Jong nampak tidak terlalu mempermasalahkan dengan menyatakan diri bahagia di Barcelona.

Terlepas dari itu, Barcelona akan mengawali pertandingan LaLiga Spanyol perdana setelah sempat ditangguhkan akibat Corona. Duel lawan Real Mallorca pada 14 Juni nanti akan mengawali langkah mereka demi bisa pertahankan titel juara.