Bola Internasional

Paulino Alcantara, Striker Filipina yang Jadi Andalan Barcelona dan Timnas Spanyol

Senin, 8 Juni 2020 07:38 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FC Barcelona
Legenda Barcelona keturunan Filipina, Paulino Alcantara. Copyright: © FC Barcelona
Legenda Barcelona keturunan Filipina, Paulino Alcantara.

INDOSPORT.COM - Mengenal Paulino Alcantara, striker kelahiran Filipina yang menjadi mesin gol andalan Barcelona dan Timnas Spanyol.

Jauh sebelum era naturalisasi yang ramai menghiasi skuat mereka, masyarakat Filipina sendiri memang kurang begitu menyukai sepak bola sehingga tidak heran jika The Azkals kerap kali kalah dengan skor mencengangkan.

Bahkan Timnas Indonesia pernah membantai Filipina dengan skor diatas 10 gol pada tahun 1972 dan 2002 lalu. Catatan yang sekaligus memecahkan rekor kemenangan terbesar skuat Garuda sepanjang sejarah.

Olahraga yang cukup digemari dan menjadi andalan di Filipina sendiri adalah basket, bahkan Timnas Basket Filipina telah meraih empat medali emas Asian Games serta enam kali penampilan di ajang Piala Dunia Basket.

Capaian yang tentu sangat berbanding terbalik dengan kekuatan sepak bola mereka, di mana Phil Younghusband dan kolega sampai saat ini bahkan belum pernah melangkah ke babak final Piala AFF. Kompetisi yang sejatinya paling rendah buat negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Sepak bola di Filipina baru mengalami masa keemasan usai gembong pemain naturalisasi masuk dalam skuat mereka, bahkan pada tahun 2010 lalu Timnas Indonesia sempat kesulitan saat menghadapi Filipina di semifinal Piala AFF.

Sebagai catatan, partai semifinal Piala AFF yang dijalani Filipina tahun 2010 lalu merupakan penampilan pertama mereka sepanjang sejarah bergulirnya kompetisi pada 1996.

Pada Piala AFF 2010, skuat Filipina hampir berisikan 80 persen pemain naturalisasi keturunan termasuk kiper Neil Etheridge yang saat itu memperkuat Fulham di kompetisi Liga Inggris.

Dengan tambahan para pemain keturunan tersebut, perlahan sepak bola Filipina mengalami kemajuan dan puncaknya pada bulan Mei tahun 2018 lalu mereka sukses merangsek naik ke peringkat 111 FIFA. Sekaligus menjadi ranking terbaik mereka sepanjang sejarah. 

Meski kurang memiliki prestasi mentereng di kancah sepak bola dunia, namun Filipina punya sejarah kala melahirkan salah satu bakat lapangan hijau yang melegenda bersama Barcelona dan Timnas Spanyol.

Adalah Paulino Alcantara, penyerang kelahiran Iloilo tersebut merupakan mesin gol utama La Blaugrana pada abad 20-an dan menjadi andalan bagi tiga Timnas yang berbeda.