Liga Inggris

Liga Inggris Berencana Dukung ‘Black Lives Matters’ Saat Kembali

Selasa, 9 Juni 2020 10:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Catherine Ivill/Getty Images
Klub-klub Liga Inggris berencana menunjukkan aksi solidaritas untuk mendukung Black Lives Matters saat kompetisi kembali bergulir 17 Juni 2020 besok. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Klub-klub Liga Inggris berencana menunjukkan aksi solidaritas untuk mendukung Black Lives Matters saat kompetisi kembali bergulir 17 Juni 2020 besok.

INDOSPORT.COM – Klub-klub Liga Inggris berencana menunjukkan aksi solidaritas untuk mendukung Black Lives Matters saat kompetisi sepak bola kasta tinggi di Negeri Ratu Elizabeth itu bergulir lagi pada 17 Juni 2020 mendatang.

Klub-klub Liga Inggris sedang menghadapi desakan untuk segera mengambil sikap terkait kampanye anti rasisme yang tengah digaungkan di seluruh dunia belakangan ini.

Kampanye itu digalakkan oleh semua orang sejak pria asal Amerika Serikat, George Floyd, meninggal dunia akibat ketidakadilan struktural di Minneapolis.

Dilansir dari Sun Sport, perwakilan dari 20 klub Liga Inggris akan berdiskusi mengenai bagaimana seharusnya mereka mendukung aksi tersebut dalam pertemuan virtual yang digelar Kamis (11/06/20) besok.

“Ini adalah masalah besar dan ini adalah masalah yang harus kami tangani sebagai Liga Inggris. Kami harus merespons suasana hati publik dan juga perasaan banyak pemain kami,” kata salah satu petinggi klub.

Pimpinan klub Liga Inggris juga akan berkonsultasi dengan kelompok-kelompok antirasisme di Inggris sebelum mereka menentukan bentuk dukungan yang tepat.

Salah satu pilihan yang bisa dilakukan yakni semua pemain diminta berlutut di belakang papan bertanda Liga Inggris untuk menyampai pesan dukungan Black Lives Matters.

Selain itu, slogan kampanye antirasisme itu juga akan terpampang dengan jelas untuk menutupi kursi penonton yang kosong di bagian bawah tribun saat Liga Inggris dilanjutkan pada 17 Juni 2020.

Aksi berlutut sebenarnya sudah dilakukan para pemain Liverpool ketika mereka menggelar latihan di Anfield beberapa waktu lalu. Sejumlah pemain The Reds, seperti Trent Alexander-Arnold, Jordan Henderson, Virgil van Djik, dll kompak mengunggah foto mereka tengah berlutut di media sosial.

Bukan cuma Liverpool saja yang mengecam aksi rasisme yang menimpa George Floyd. Senin (01/06/20), dua pemain Borussia Dortmund yaitu Achraf Hakimi dan Jadon Sancho menunjukkan tulisan "Justice for George Floyd" usai menjebol gawang lawan di laga lanjutan Bundesliga Jerman.

Kompetisi sepak bola di Inggris akan segera bergulir kembali. Untuk saat ini, Liverpool masih menghuni posisi teratas klasemen Liga Inggris di ajang Premier League dengan 82 poin, disusul Manchester City di tempat kedua dengan 57 poin.

Jadwal Liga Inggris pertama di tanggal 17 Juni atau 18 Juni dini hari WIB  salah satunya akan mempertemukan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium.