Liga Inggris

Agar Tak Kecolongan, Wasit dan Ofisial Liga Inggris Dites Corona

Senin, 8 Juni 2020 15:32 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Image
Wasit dan ofisial Liga Inggris diwajibkan menjalani tes virus corona sebelu kompetisi benar-benar dilanjutkan kembali. Copyright: © Getty Image
Wasit dan ofisial Liga Inggris diwajibkan menjalani tes virus corona sebelu kompetisi benar-benar dilanjutkan kembali.

INDOSPORT.COM - Wasit dan ofisial Liga Inggris diwajibkan menjalani tes virus corona sebelu kompetisi benar-benar dilanjutkan kembali. Hal ini menjadi salah satu syarat dari protokol kesehatan agar pertandingan berjalan lancar.

Wasit dan asisten Liga Inggris akan menjalankan tes virus corona pada minggu ini, guna mengetahui keadaan terindikasi atau tidaknya seluruh perangkat pertandingan terhadap Covid-19.

Memastikan ofisial pertandingan negatif virus corona adalah salah satu dari persiapan yang harus dilakukan sebelum jadwal Liga Inggris musim 2019-2020 dapat dimulai kembali. 

Akan tetapi, Professional Game Match Officials Board (PGMOL) yakin mereka memiliki jumlah wasit yang cukup untuk bertugas dalam pertandingan mendatang, sekalipun ada wasit yang positif terkena virus corona.

Dilansir dari Daily Mail, sejauh ini hasil tes yang dilakukan kepada pemain dan staf klub, telah dinyatakan 13 positif dan 6261 negatif. Setiap wasit yang dikonfirmasi positif Covid-19 akan kehilangan restart musim pada 17 Juni nanti.

Menurut kabar yang ada, bahkan liga dapat mengesampingkan mereka selama sisa musim yang ada. Keputusan ini mungkin dapat menghantam wasit secara finansial, karena sebagian besar gaji mereka berdasarkan per-game dan bonus terkait kinerja.

Setelah musim nanti bergulir kembali, wasit kemungkinan akan melakukan tes mereka dari rumah dibandingkan harus terus melaporkan ke tempat latihan terdekat.

Kasta teratas Liga Inggris menanggung biaya tes virus corona untuk para perangkat pertandingannya. Sementara untuk EFL, wasit dan ofisial pertandingan mengurus tes mereka sendiri. Jika diperlukan, PGMOL akan masuk ke pilihan Group 2 apabila mereka kekurangan wasit.

Mike Dean, Michael Oliver, dkk telah menjaga kesehatan mereka dari rumah selama karantina berlangsung. Sampai saat ini tidak ada rencana bagi mereka untuk berkumpul. Belum akan ada tes kebugaran lagi sebelum musim dimulai kembali.

Departemen ilmu olahraga PGMOL telah memantau kebugaran mereka dari jauh sebagai gantinya, sementara wasit diharuskan mengambil bagian dalam pertemuan bersama melalui Zoom.

Hal itu melibatkan mereka berkumpul secara virtual untuk menonton dan menganalisis klip dari pertandingan awal musim ini, termasuk kesalahan VAR apa saja yang dibuat.

Para wasit dan asisten saat ini masih belum dapat bertugas untuk pengawasan pertandingan internal klub, namun pada masa ini staf pelatih diminta mengawasi pertandingan sebagai gantinya, tapi keadaan ini dapat berubah jika setelah akhir pekan ini para perangkat pertandingan dipastikan negatif.

Kompetisi sepak bola di Inggris sendiri akan segera bergulir kembali. Untuk saat ini, Liverpool masih menghuni posisi teratas klasemen Liga Inggris di ajang Premier League dengan 82 poin, disusul Manchester City di tempat kedua dengan 57 poin.