Bola Internasional

Hati-hati Osvaldo Haay, 3 Bintang Indonesia Ini Gagal Total di Jepang

Rabu, 10 Juni 2020 15:08 WIB
Editor: Coro Mountana
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Hati-hati Osvaldo Haay, 3 Bintang Indonesia Ini Gagal Total di Jepang. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Hati-hati Osvaldo Haay, 3 Bintang Indonesia Ini Gagal Total di Jepang.

INDOSPORT.COM – Disebut pantas untuk bermain di Liga Jepang, Osvaldo Haay sebaiknya perlu berhati-hati karena 3 bintang Timnas Indonesia berikut ini terbukti gagal total di sana.

Liga Jepang memang saat ini menjadi salah satu kompetisi terbaik di Asia, tak heran bila banyak pemain Indonesia yang ingin mencoba mengadu nasib di sana jika ada kesempatan. Menariknya, penyerang masa depan Timnas Indonesia disebut pantas untuk bermain di Liga Jepang oleh media asing.

"Osvaldo merupakan penyerang muda terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Dia membantu Timnas U-22 memenangi Piala AFF U-22 2019, sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak SEA Games 2019."

"Osvaldo Haay boleh diberikan peluang untuk beraksi di saingan J2 (kasta kedua Liga Jepang) seperti Hadi Fayyadh yang menimba pengalaman," tulis Vocketfc, media dari Malaysia yang memang memantau talenta sepak bola Indonesia.

Melihat perkembangan karier Osvaldo Haay yang terus menanjak, boleh jadi apa yang dikatakan media Malaysia itu benar adanya. Bahwa Osvaldo Haay memiliki potensi untuk beraksi di Liga Jepang meski itu di kasta keduanya.

Berandai-andai dan bermimpi tentu sah-sah saja, akan tetapi Osvaldo Haay patut berhati-hati jika memang memutuskan untuk hijrah ke Liga Jepang. Pasalnya, 3 bintang Timnas Indonesia berikut ini sudah pernah merasakan kerasnya persaingan di Liga Jepang hingga akhirnya pulang dengan kegagalan.

Ricky Yacobi

Jika ingin mencari pemain Indonesia yang bermain di Liga Jepang, maka jawabannya adalah Ricky Yacobi. Pemain Indonesia pertama di Liga Jepang itu bergabung dengan Matsushita FC (sekarang bernama Gamba Osaka) pada 1988.

Tentu kehadiran Ricky Yacobi tak hanya kebetulan semata, klub Liga Jepang itu ternyata kepincut dengan aksi Ricky Yacobi saat masih bersama Arseto Solo. Memang pada saat itu, Ricky Yacobi tampil gemilang dan sukses mempersembahkan gelar di era Galatama pada tahun 1987.

Namun, faktor cuaca menghambat perkembangan karier Ricky Yacobi di Jepang hingga akhirnya ia memutuskan pulang setelah hanya sanggup mencetak 1 gol saja. Meski di Indonesia Ricky Yacobi begitu diagungkan, tetapi di Jepang, ia tak kuasa menahan cuaca dingin di sana.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%