Bola Internasional

Sebelum Osvaldo Haay, Kiper Asal Indonesia Lebih Dulu di Liga Jepang

Rabu, 10 Juni 2020 13:13 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Sebelum isu soal Osvaldo Haay yang pantas ke Liga Jepang, nyatanya kiper muda berdarah Indonesia Ryu Nugraha sudah lebih dulu berkarier di kompetisi Negeri Sakura sejak beberapa musim lalu.

Kompetisi Liga Jepang sendiri saat ini menjadi salah satu perbincangan setelah pemain muda Persija Jakarta dinilai pantas untuk hijrah ke Negeri Matahari Terbit.

Media Malaysia, Vocketfc, menyebut jika Osvaldo Haay bisa berkarier di Liga Jepang. Namun Vocketfc memberikan saran kepada Osvaldo untuk lebih dulu memulai kariernya di kasta kedua Liga Jepang.

"Osvaldo merupakan penyerang muda terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Dia membantu Timnas U-22 memenangi Piala AFF U-22 2019, sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak SEA Games 2019."

"Osvaldo Haay boleh diberikan peluang untuk beraksi di saingan J2 (kasta kedua Liga Jepang) seperti Hadi Fayyadh yang menimba pengalaman," tulis Vocketfc.

Nama Osvaldo Haay mulai dikenal oleh bayak media olahraga di Asia setelah berhasil menjadi mesin gol Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019 lalu.

Penampilannya di level klub pun tak kalah gemilang. Bersama Persija Jakarta, Osvaldo Haay sudah mengoleksi satu gol dari dua pertandingan Liga 1 2020.

Gol perdananya bersama Persija hadir ketika Macan Kemayoran menumbangkan Borneo FC dengan skor 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 1 Maret 2020 lalu.  

Aksi fantastisnya bersama Persija dan Timnas Indonesia U-22 itu yang akhirnya membuat Osvaldo Haay dinilai layak mencicipi karier di Liga Jepang.

Sebelum Osvaldo Haay, nyatanya ada sosok kiper muda asal Indonesia yang lebih dulu mencicipi kompetisi Liga Jepang di era sepak bola modern ini. Pemain itu adalah Ryu Nugraha.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk memperkenalkan sedikit tentang Ryu Nugraha, yang merupakan kiper asal Indonesia yang berkarier di Liga Jepang.