Liga Inggris

Man City Tunjuk Guru Pep Guardiola untuk Jadi Asisten Pelatih

Rabu, 10 Juni 2020 12:47 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chris Brunskill/GettyImages
Man City Tunjuk Guru Pep Guardiola untuk Jadi Asisten Pelatih Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Man City Tunjuk Guru Pep Guardiola untuk Jadi Asisten Pelatih

INDOSPORT.COM - Manchester City secara resmi mengumumkan asisten pelatih dari Pep Guardiola yang juga sempat menjadi guru dari eks pelatih Barcelona tersebut, sosok itu adalah Juan Manuel Lillo.

Juan Manuel Lillo dan Pep Guardiola sudah saling mengenal satu sama lain. Hal ini dikarenakan mereka berdua sempat menjalin hubungan sejak lama. Pasalnya, pelatih Man City ini merupakan murid dari Lillo menjelang akhir kariernya sebagai seorang pesepakbola profesional.

Mereka menghabiskan waktu bersama di klub asal Meksiko yakni, Dorados de Sinaloa. Juan Manuel Lillo memulai kariernya di LaLiga Spanyol sebagai pelatih termuda di komperisi sepak bola Negeri Matador itu. Tak hanya Guardiola, pemain berkelas seperti Andres Iniesta, David Silva, dan Yaya Toure juga hasil dari didikannya.

Performanya sebagai pelatih terlihat luar biasa. Pasalnya, Lillo berhasil mengantarkan klub asal China, yakni Qingdao Huanghai menjadi juara dan berhasil menaiki kasta tertinggi Liga China.

Melihat prestasi tersebut, Man City akhirnya memutuskan untuk mengontrak dirinya sebagai asisten pelatih menggantikan Mikel Arteta yang hengkang bulan Desember lalu.

Posisi Mikel Arteta di Arsenal sebagai kepala pelatih menggantikan Unai Emery yang dipecat oleh pihak klub karena tidak tampil maksimal. The Gunner merupakan mantan klubnya semasa dulu masih aktif dalam bermain sepak bola sebagai pemain profesional.

Ketertarikan Man City kepada Lillo itu rupanya disambut baik olehnya, sebab dirinya sangat senang bisa bergabung dengan klub sebesar The Citizens. Ia juga berharap bisa memberikan kontribusi lebih untuk Pep Guardiola dan klub.

“Senang bisa bergabung dengan staf pelatih di Manchester City. Hubungan saya dengan Pep kembali dan saya sangat senang bergabung dengannya sebagai bagian dari tim yang besar ini,” kata Lillo melalui pernyataan resmi klub.

Direktur Sepak Bola Manchester City, Txiki Begiristain juga menyambut baik kedatangan Lillo. Sebab, pengalamannya sebagai pelatih sepak bola di tiga benua menjadi aset yang sangat berharga bagi Man City dan bisa bekerja sama dengan Pep Guardiola.

Liga Inggris akan kembali dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni 2020 ini, lebih tepatnya pada tanggal 17. Manchester City masih menyisakan 10 pertandingan sebelum kompetisi diberhentikan akibat pandemi virus corona selama hampir tiga bulan lamanya.

Dalam jadwal Liga Inggris terbaru, The Citizens akan berhadapan langsung dengan Arsenal yang dilatih oleh Mikel Arteta. Ini adalah kali pertama Arteta harus berhadapan langsung dengan Guardiola yang menjadi kepala pelatih selama membantu di Man City.

Jadwal pertandingan tersebut akan dilaksanakan pada 17 Juni 2020 waktu setempat.

Di bawah kepemimpinan Pep Guardiola, Manchester City rupanya selalu memberikan hasil yang bagus. Dua musim berturut-turut ini mereka menjuarai Liga Inggris.

Namun, pada musim ini mereka harus merelakan gelar tersebut diambil oleh Liverpool yang menduduki puncak klasemen dengan raihan 82 poin dan hanya selisih 25 poin dengan sang juara bertahan.