Liga Spanyol

Ada Dewa Sepak Bola, Legenda Minta Xavi Melatih Barcelona

Kamis, 11 Juni 2020 14:04 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Xavi Hernandez diminta untuk menjadi pelatih anyar Barcelona karena ada si Dewa Sepak Bola, Lionel Messi. Copyright: © INDOSPORT
Xavi Hernandez diminta untuk menjadi pelatih anyar Barcelona karena ada si Dewa Sepak Bola, Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Xavi Hernandez diminta untuk mengambil posisi sebagai pelatih Barcelona karena adanya sosok pemain berjuluk 'Dewa Sepak Bola', yakni Lionel Messi.

Adalah legenda Blaugrana sendiri, Samuel Eto'o, yang mengutarakannya. Baginya, Xavi tak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk jadi juru taktik utama Barcelona selagi masih ada Messi disana.

Pasalnya, sampai saat ini Messi masih menjadi bintang andalan utama Barcelona. Tak heran bila Eto'o mendorong Xavi agar menyetujui kursi pelatih klub selagi si dewa belum hengkang atau pensiun.

"Saya sudah mengatakan kepada Xavi jika apapun yang terjadi, dia wajib pulang ke Barca. Hal tersebut dikarenakan si Dewa Sepak Bola (Messi) masih bermain disana," ucap Eto'o dilansir laman berita Goal International.

"Dia (Xavi) pernah bermain bersama dengan Messi, dan hal itu akan membuatnya lebih mudah untuk menjadi pelatih kelak," tambahnya lagi.

Optimisme Eto'o berdasarkan hasil nyata kala dirinya masih bermain bersama Xavi dan Messi. Ketiganya sukses persembahkan beragam gelar bergengsi selama bermain bersama.

Sebelum resmi menunjuk Quique Setien sebagai pelatih pengganti Ernesto Valverde yang dipecat awal Januari lalu, Barcelona sejatinya memang sempat mengontak ketersediaan Xavi. Kendati demikian mantan playmakernya ini enggan balik ke Camp Nou karena mau fokus menukangi raksasa Qatar, Al Sadd.

Meskipun Setien terbilang sukses buat Barcelona karena mampu meraih tempat pertama klasemen LaLiga Spanyol, masa depannya tetap tidak menentu karena beberapa faktor. Alhasil, hal ini mungkin bisa menjadi kesempatan Xavi yang cepat atau lambat bakal jadi pelatih Messi dan kawan-kawan.

Terlepas dari itu, Barcelona akan melakoni pertandingan LaLiga Spanyol 2019/20 perdana setelah lama alami penangguhan akibat virus Corona. Lakoni laga tandang di Iberostar Stadium kontra Real Mallorca pada 14 Juni nanti, Blaugrana dipastikan bakal hadir dengan kekuatan penuh.