Liga Indonesia

On This Day: Persipura Bantai Juara Liga Indonesia dengan Setengah Lusin Gol

Kamis, 11 Juni 2020 14:32 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© repro.eu/wikipedia
Tepat hari ini, 11 Juni, 17 tahun yang lalu, Persipura Jayapura menang telak atas Petrokimia Putra dalam laga pekan ke-25 Divisi Utama Liga Indonesia musim 2002/2003. Copyright: © repro.eu/wikipedia
Tepat hari ini, 11 Juni, 17 tahun yang lalu, Persipura Jayapura menang telak atas Petrokimia Putra dalam laga pekan ke-25 Divisi Utama Liga Indonesia musim 2002/2003.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, 11 Juni, 17 tahun yang lalu, Persipura Jayapura memetik kemenangan telak atas Petrokimia Putra di Stadion Mandala dalam laga pekan ke-25 kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim 2002/2003.

Petrokimia Putra, yang berstatuskan juara bertahan setelah merengkuh trofi juara di musim sebelumnya, dibuat tak berdaya di markas Persipura.

Pasukan Mutiara Hitam menang dengan hasil yang sangat mencolok, setengah lusin gol tanpa balas atau skor 6-0.

Persipura yang ditangani oleh Rudy William Keltjes, turun dengan amunisi lengkapnya, termasuk duo pemain Kamerun, Bako Sadissou dan Ebanda Timothy.

Persipura membuat sang juara bertahan mati kutu sejak menit awal, namun peluang emas banyak yang terbuang percuma. Hingga akhirnya gol pertama pecah di menit ke-34 melalui sang kapten, Eduard Ivakdalam.

Selepas turun minum, Persipura menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0, juga lewat gol sang kapten di 4 menit pertama babak kedua. Dua menit berselang, pemain muda, Jimmy Suparno menambah gol untuk Persipura diikuti gol striker Kamerun, Bako Sadissou di menit ke-55.

Keunggulan Persipura tak hanya sampai di situ. Trevor Duaramuri yang merupakan anak sang legenda Mettu Duaramuri, mencetak dua gol dalam 10 menit terakhir sebelum bubaran dan menggenapkan kemenangan Persipura menjadi 6-0.

Di musim tersebut, Persipura finis di peringkat ke-5 dengan mengoleksi 58 poin. Sementara Petrokimia justru bernasib tragis lantaran harus terdegradasi di musim tersebut meski berstatus juara bertahan.