Liga Indonesia

Tegas! PT LIB Klaim Siap Putar Kembali Liga 1 dan Liga 2 2020

Kamis, 11 Juni 2020 10:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB). Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

INDOSPORT.COM - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kajian teknis terkait opsi kelanjutan kompetisi 2020. Mereka juga meminta saran, masukan, dan ulasan dari klub-klub soal tiga pekan awal Liga 1.

Selain itu, PT LIB juga telah bertemu PSSI untuk membahas kelanjutan kompetisi 2020. Mereka melaporkan sejumlah rencana menyusul wacana perubahan regulasi atau format kompetisi, seperti yang disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Berbagai langkah untuk persiapan menuju lanjutan kompetisi Liga 1 dan 2 telah kami buat dan paparkan kepada Ketua Umum PSSI," kata Sudjarno, Rabu (10/6/20). 

"Paparan termasuk adanya penyesuaian perubahan regulasi, serta beberapa home base klub jika memakai opsi sentralisasi di Pulau Jawa, serta akan menggelar manager meeting dan workshop untuk klub menjelang dimulainya kompetisi," cetusnya.

Lebih lanjut, PT LIB tak lupa memaparkan lini masa kompetisi, seperti kapan dimulainya dan pekan terakhir lengkap dengan jeda pertandingan timnas Indonesia di event internasional. 

PT LIB menyatakan tetap memperhatikan aspek kesehatan saat kompetisi kembali dilanjutkan. Saat ini, PSSI juga tengah menyiapkan protokol kesehatan khusus virus corona yang wajib dijalankan semua pihak.

"Tak hanya Liga 1, kami juga buatkan skema untuk kompetisi Liga 2 dari babak penyisihan hingga final. Tentu kami juga akan memutar kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat," tegas Sudjarno.

Meski PT LIB telah menyiapkan rencana, sejauh ini PSSI belum ada ketok palu terkait tanggal kompetisi 2020 akan dilanjutkan. Pihak federasi baru merencanakan restart kick-off pada September (Liga 1) atau Oktober (Liga 2) mendatang.