Liga Indonesia

Menengok Stadion Layak Jadi Venue Sentralisasi Liga 1 di Pulau Jawa

Jumat, 12 Juni 2020 11:09 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mari menengok beberapa stadion yang layak jadi venue wacana sentralisasi Liga 1 2020 di Pulau Jawa. Seperti apa kira-kira? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mari menengok beberapa stadion yang layak jadi venue wacana sentralisasi Liga 1 2020 di Pulau Jawa. Seperti apa kira-kira?

INDOSPORT.COM - Mari menengok beberapa stadion yang layak jadi venue wacana sentralisasi Liga 1 2020 di Pulau Jawa. Seperti apa kira-kira?

Hajat sepak bola nasional Liga 1 2020 dihentikan sementara oleh PSSI karena Indonesia terkena dampak wabah virus corona (COVID-19) sejak Maret.

Sudah hampir tiga bulan lamanya pentas Liga 1 2020 seakan mati suri karena tak ada kehidupan. Penghentian tersebut dilakukan demi kebaikan bersama.

Kini awal Juni 2020, PSSI mengadakan rapat virtual dengan perwakilan klub Liga 1 2020 guna membahas segala kemungkinan kompetisi bisa dilanjut atau tidak.

Dalam rapat virtual tersebut sempat pula tercetus wacana kompetisi sepak bola tertinggi musim ini dihelat dengan skema sentralisasi di Pulau Jawa.

Artinya klub-klub di Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, hingga Papua harus memilih satu venue sebagai stadion kandang sementara andai Liga 1 2020 digelar.

Kabar ini pun menimbulkan polemik yang cukup pelik. Sebagian klub luar Pulau Jawa ada yang tak setuju dan beberapa diantaranya memilih ikut alur saja.

Wacana tersebut dicetuskan demi meminimalisir angka penyebaran virus corona di kalangan sepak bola. Sehingga para pelaku si kulit bundar lebih terpantau.

Selain itu sentralisasi Liga 1 2020 di Pulau Jawa juga didukung dengan moda transportasi yang memadai sehingga tiap klub hanya perlu menggunakan jalur darat saja.

Tak hanya itu Liga 1 2020 juga bakal tetap menggunakan protokol kesehatan sesuai standar tinggi yang ada di Indonesia dalam meredam COVID-19.

Wacana tersebut hingga kini masih terus berkembang dengan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait. Besar kemungkinan bisa saja terwujud.

Apalagi pesta Liga 1 2020 direncanakan bergulir September mendatang. Namun tetap menunggu perkembangan pandemi COVID-19 yang menyusahkan ini.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk melongok sederet stadion di Pulau Jawa yang kemungkinan besar bakal jadi venue pertandingan pentas Liga 1 2020.