Liga Indonesia

Cerita Stefano Cugurra Teco Pernah Jadi Pelatih SSB

Sabtu, 13 Juni 2020 13:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menceritakan kisahnya pernah menukangi Sekolah Sepak Bola (SSB). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menceritakan kisahnya pernah menukangi Sekolah Sepak Bola (SSB).

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Stefano Cugurra Teco membawa Persija Jakarta dan Bali United menjadi juara Liga 1 merupakan buah kerja keras. Pelatih asal Brasil ini cerita pernah menukangi Sekolah Sepak Bola (SSB).

Teco merupakan putra dari pelatih kenamaan Brasil, Gildo Rodrigues. Teco tak lama menjadi seorang pemain lantaran pada usia muda, ia sudah memilih jalan sebagai pelatih.

Perjalanannya dimulai dari memegang anak-anak SSB. Teco masih ingat SSB yang dipegangnya bukan SSB superior. Fase awal ini dijalaninya dengan serius.

"Beberapa tahun saya pegang SSB. Kemudian saya menjadi pelatih fisik, setelah proses kuliah saya selesai. Saya kuliah menjadi pelatih fisik di Brasil selama empat tahun," ucap Stefano Cugurra Teco saat live Instagram bareng klub Liga 1, Bali United, Kamis (11/06/20).

Teco memulai pelatih benar-benar dari dasar. Sebelum sukses di Persija dan Bali United, ia pernah melatih dari kelompok umur 10 tahun, 17 tahun, 20 tahun hingga kini memegang tim senior.

"Saya tidak pernah skip setiap prosesnya. Ini yang membuat saya lebih mudah ketika menjadi seorang pelatih kepala seperti sekarang," ucapnya lagi.

Sebelum memegang SSB, Stefano Cugurra Teco pun dapat ilmu melatih dari sang ayah, Gildo Rodrigues. Saat melatih di benua Amerika, Afrika hingga Asia, ia selalu menemani sang ayah. Bukan berdiam di rumah, namun Teco ikut hadir dalam sesi latihan.