Liga Italia

Coppa Italia: Juventus vs AC Milan dan Rekor 15 Tahun yang Terpecahkan

Sabtu, 13 Juni 2020 00:46 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Jelang Juventus vs AC Milan di semifinal Coppa Italia, terdapat sebuah rekor menarik dalam kurun 15 tahun terakhir yang terpecahkan. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Jelang Juventus vs AC Milan di semifinal Coppa Italia, terdapat sebuah rekor menarik dalam kurun 15 tahun terakhir yang terpecahkan.

INDOSPORT.COM - Semifinal leg kedua Coppa Italia antara Juventus vs AC Milan akan berlangsung hari ini, Sabtu (13/06/2020) dini hari WIB. Jelang laga tersebut, nyatanya terdapat sebuah rekor menarik dalam kurun 15 tahun terakhir.

Sekadar informasi, laga semifinal leg kedua Coppa Italia antara Juventus vs AC Milan menandai kembalinya sepak bola Italia, pasca sempat dihentikan selama beberapa bulan karena pandemi virus corona.

Pertandingan big match ini sejatinya akan berlangsung sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Sementara bila dikonversikan ke waktu di Indonesia, maka laga ini akan berlangsung sekitar pukul 02.00 WIB.

Sebelumnya, AC Milan sukses melaju ke semifinal Coppa Italia 2019-2020 usai menghantam Torino di perempatfinal dengan skor telak 4-2.  Kemenangan ini membawa I Rossoneri melaju ke final untuk bersua Si Nyonya Tua.

Pada leg pertama, AC Milan memang mampu menahan imbang Juventus dengan skor 1-1. Kala itu, keduanya bertanding di San Siro Stadium pada 14 Februari 2020.

Kini, leg kedua antara Juventus vs AC Milan akan berlangsung di bulan Juni, tepatnya Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 02.00 WIB di Alliaz Stadium. Digelarnya kembali laga Coppa Italia pada bulan Juni nyatanya memecahkan rekor 15 tahun yang telah bertahan sebelumnya.

Badan statistik sepak bola Italia, Opta Paolo, mengabarkan bahwa laga terakhir Coppa Italia di bulan Juni terjadi pada tahun 2005, yakni 15 tahun yang lalu. Kala itu, Coppa Italia menyajikan laga final antara Inter Milan vs AS Roma.

Dalam laga final Coppa Italia di tahun 2005 silam itu, Inter Milan berhasil memenangkan pertandingan dengan agregat 3-0. Pada leg pertama di Stadio Olimpico, Roma, kubu La Beneamata memenangkan pertandingan dengan skor 2-0, sebelum merengkuh trofi Coppa Italia di Giuseppe Meazza usai memenangkan pertandingan dengan skor 1-0.

Sementara itu, tetangga Inter Milan yakni AC Milan memiliki tugas berat untuk dapat lolos ke final Coppa Italia. Mereka diharuskan memenangkan pertandingan di kandang Juventus berapapun skornya.

Kubu Juventus sendiri hanya perlu hasil imbang tanpa gol untuk dapat lolos ke final Coppa Italia. Namun, Juventus juga bisa lolos ke final dengan menyingkirkan AC Milan bila meraih hasil imbang dengan mencetak minimal dua gol (2-2, 3-3, dan seterusnya).